Jumat, 22 Juni 2012

Resume Manajemen supervisi pendidikan IAIN MATARAM



DAFTAR ISI
       I.            KOMPONEN DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN........................................... 1
A.    Pengertian Manajemen............................................................................................... 1
B.     Pengertian Pendidikan............................................................................................... 2
C.     Definisi Manajemen Pendidikan................................................................................ 3
D.    Pengertian Manajemen Pendidikan........................................................................... 3
E.     Peran Manajer............................................................................................................ 3
F.      Tujuan Dan Manfaat Manajemen pendidikan........................................................... 3
G.    Keterampilan Manajeria............................................................................................. 4
H.    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Manajemen Pendidikan....................... 4
    II.            RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN............................................... 5
A.    Ruang Lingkup Menurut Wilayah Kerja.................................................................... 5
B.     Ruang Lingkup Menurut Fungsi/Ukuran.................................................................... 5
 III.            MANAJEMEN MENURUT OBJEK GARAPAN.................................................... 7
A.    Manajemen Siswa....................................................................................................... 7
B.     Manajemen Personalia.............................................................................................. 11
C.     Manajemen Kurikulum............................................................................................. 11
D.    Manajemen Sarana Dan Materi................................................................................. 11
E.     Manajemen Tata Laksana......................................................................................... 12
F.      Manajemen Pembayaran........................................................................................... 12
G.    Manajemen Lembaga Pendidikan............................................................................. 12
H.    Manajemen Humas/Kehumasan................................................................................ 12
 IV.            FUNGSI MANAJEMEN ............................................................................................ 13
A.    Fungsi Manajemen Menurut beberapa ahli............................................................... 13
B.     Pengertian-pengertian............................................................................................... 15
    V.            MANAJEMEN DAN ORGANISASI PENDIDIKAN............................................. 19
A.    Manajemen Lembaga Pendidikan............................................................................. 19
B.     Organisme Pendidikan.............................................................................................. 19
C.     Organisasi Sebagai Sistem Terbuka.......................................................................... 19
D.    Keaktifan Keorganisasi............................................................................................. 19
E.     Hubungan Organisasi Dengan Lingkungan.............................................................. 20
 VI.            SUPERVISI ................................................................................................................. 21
A.    Pengertian Supervisi................................................................................................. 21
B.     Tujuan & Jenis Kegiatan Supervisi........................................................................... 21
C.     Peranan Supervisi Pendidikan.................................................................................. 22
D.    Prinsip-Prinsip Supervisi........................................................................................... 23
E.     Alat Bantu Supervisi Pendidikan............................................................................. 23
F.      Hubungan Antara Administrasi Dan Supervisi........................................................ 23

VII.            PROSES SUPERVISI PENDIDIKAN...................................................................... 25
A.    Komponen Dan Proses Supervisi.............................................................................. 25
B.     Perencanaan Supervisi.............................................................................................. 26
VIII.            TEKNIK SUPERVISI................................................................................................. 28
A.    Fungsi Teknik Dalam Supervisi................................................................................ 28
B.     Kunnjungan Kelas Sebagai Teknik Supervisi........................................................... 29
C.     Pertemuan Terjadi Dalam Rangka Supervisi............................................................ 29
D.    Rapat Stap................................................................................................................ 30
E.     Teknik-Teknik Peningkatan...................................................................................... 30
 IX.            SUPERVISI DALAM PENAMPILANNYA............................................................... 31
A.    Peranan Supervisi...................................................................................................... 31
B.     Supervisor Sebagai Pemimpin................................................................................... 32
C.     Supervisior Sebagai Evaluator.................................................................................. 32
D.    Supervisor Sebagai Pembina..................................................................................... 32
E.     Supervisor Sebagai Kominikator.............................................................................. 32
    X.            KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN.............................................................................. 34
1.      Pengertian Kepemimpinan pendidikan..................................................................... 34
2.      Tipe-tipe dasar Kepemimpinan................................................................................. 34
3.      Syarat dan prinsip proses Kepemimpinan pendidikan.............................................. 34
4.      Analisis Komponen Kepemimpinan......................................................................... 35
 XI.            PENUTUP..........................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................
TUGAS TERSTRUKTUR.................................................................................................






BAB I : KOMPONEN DASAR MANAJMEN PENDIDIKAN

A. Pengertian Manajemen
Kata manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli :
  1. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. ( Drs. Oey Liang Lee )
  2. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan.            ( James A.F. Stoner)
  3. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. (George Terry )[1]
  4. Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.(Lawrence A. Appley)
  5. Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (Horold Koontz dan Cyril O’donnel )
Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen, namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah :
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya”
 B.pengertian Pendidikan
Menurut kamus Bahasa Indonesia Kata pendidikan berasal dari kata didik dan mendapat imbuhan pe dan akhiran an, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Jadi Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
C.Pengertian Manajemen Pendidikan
            Manajemen pendidikan adalah suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan  seperti guru, sarana dan pra sarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium dan sebagainya untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan, yaitu mencerdaskan generasi penerus bangsa, meningkatkan kemampuan kinerja sumber daya manusia, yang mana manusia beriman dan bertqwa terhadap Allah SWT dan bebudi pekerti yang luhur, bermoral,dan memiliki pengetahuan dan berwawasan seperti langit dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, keperibadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab terhadap bangsa,negara dan agama.
            Berikut ini pengertian Manajemen menurut beberapa ahli
Pengertian manajemen Pendidikan
Pendapat
Administrasi pendidikan dapat diartikan sebagai keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien…
Djam’an Satori, (1980: 4)
Dalam pendidikan, manajemen itu dapat diartikan sebagai aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya
Made Pidarta, (1988:4)
Manajemen pendidikan ialah proses perencanaan, peng-organisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri, serta bertanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan
Biro Perencanaan Depdikbud, (1993:4)
educational administration is a social process that take place within the context of social system
Castetter. (1996:198)
Manajemen pendidikan dapat didefinisikan sebagi proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan…
Soebagio Atmodiwirio. (2000:23)
Manajemen pendidikan ialah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakati bersama
Engkoswara (2001:2)

            Jadi, Secara sederhana manajemen pendidikan adalah suatu lapangan dari studi dan praktik yang terkait dengan organisasi pendidikan. Sehingga diharapkan melalui kegiatan manajemen pendidikan tersebut, tujuan pendidikan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien    
D. Definisi Manajemen Pendidikan
            Manajemen pendidikan dapat di definisikan sebagai seni dan ilmu untuk mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, agama dan negara. Manajemen pendidikan dapat di artikan pula sebagai seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Maksud dari definisi tersebut adalah bahwa manajemen pendidikan di jadikan sebagai suatu seni dan ilmu yang dimanfaatakan untuk dapat mengelola sumber daya agar peserta didik yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar tersebut mampu mengembangkan potensi  dirinya secara aktif.
E. Tujuan Dan Manfaat Manajemen Pendidikan
            Tujuan dan manfaat manajemen pendidikan  antara lain :
1.      Terwujudnya PBM yang PAKEMB (bermakna)
2.      Peserta didik yang aktif mengembangkan dirinya
3.      Memiliki kompetensi manajerial
4.      Tercapai tujuan pendidikan secara efektif & efisien
5.      Teratasinya masalah mutu pendidikan
6.      Perencanaan pendidikan merata, bermutu, relevan & akuntabel
7.      Meningkatnya citra positif pendidikan
F. Peranan Manajer
Setiap perusahaan memiliki manajemen yang memegang berbagai peranan penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama. Ada banyak peran yang harus dimainkan / diperankan para manajer secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan peran-peran tersebut. Untuk itu, peranan manajer sangat diharapkan dapat memacu laju perkembangan suatu perusahaan.
Peranan yang dimainkan oleh manajer terbagi menjadi tiga, yaitu:
1.      Peran antarpribadi
Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi :
a.       Figur Head (lambang/simbol),nilai-nilai yang diberikan harus bersifat positif, baik ucapan,tindakan maupun penampilan.
b.      Lieder, yaituharus mempunyai kemampuan dalam mengembangkan sumber daya-sumber daya.
c.       Liacson, yaitu adanya hubungan antara yang satu dengan yang lain.
2.      Peran informasional meliputi :
a.         Monitor, yakni sebagai pencari informasi dan sebagai sumber ibformasi
b.         Desiminator, yaitu sebagai penyalur atau  mendistribusikan informasi.
c.         Spoken person, yakni orang yang mampu mempengaruhi orang lain atau dia sebagai orator.


3. Peran pengambilan keputusan
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.

G. Keterampilan Manajeria
            Ada tiga macam keterampilan manajer yang diperlukan dalam manajemen, yaitu keterampilan konsep, keterampilan manusiawi dan keterampilan teknik.
            Ketrampilan konsep adalah keterampilan untuk memahami dan mengoprasikan organisasi, kemudian keterampilan manusiawi ialah keterampilan untuk bekerja sama, memotivasi dan mengarahkan, sedangkan keterampilan teknik ialah keterampilan dalam menggunakan pengetahuan, metode, teknik dan perlengkapan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Adapun tiga knsep tersebut yakni :
a.       Ketrampilan Konsep
Untuk memiliki kemampuan manajer terutama keterampilan konsep, para manajer tertinggi di harapkan :
a.       Selalu belajar dari pekerjaan sehari-hari terutama dari cara kerja para bawahan.
b.      Melakukan observasi secara terencana tentang kegiatan-kegiatan manajemen.
c.       Banyak membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang dilaksanakan
d.      Memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang lain.
e.       Berfikir untuk masa yang akan datang.
b.      Keterampilan Manusiawi
Keberhasilan para manajer pendidikan, memotivasi para bawahanya tergantung pada :
a.       Motivasi  yang dimiliki oleh masing-masing bawahan.
b.      Ketetapan presepsi manajer terhadap  kebutuhan para bawahan.
c.       Hubungan manajer dengan para bawahan.
d.      Efektifitas proses komunikasi.
c.        Keterampilan Teknik (technical skill)
Teknik-teknik para manajer antara lain dapat berupa :
a.       Persiapan yang diperlukan oleh para siswa/mahasiswa sebelum program di mulai.
b.      Pengarahan tata tertib dan cara belajar.
c.       Jadwal belajar diperusahaan/industri agar tidak bentrok dengan lembaga.

H. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manajer Dalam Pendidikan
            Secara Filosofis, perilaku manusia terbentuk oleh intraksi antara manusia.
Faktor yang memepengaruhi perilaku manajer pendidikan antara lain :
a.       Faktor heraditi (keturunan), faktor ini memiliki berbagai pandangan tentang bisa atau tidak bisa, faktor heraditi dapat mempengaruhi perilaku manajer.
b.      Faktor lingkungan, faktor ini sangat mempengaruhi perilaku manajer, tergantung pada lingkungan tempat tinggal.
c.       Faktor organisasi pendidikan, di mana faktor ini sangat berpengaruh terhadap perilaku manajer untuk menjadi lebih baik.
d.      Sistem pendidikan nasional, faktor ini tergantung pada mutu sistem pendidikan  yang di terapkan pemerintah


BAB II : RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN

A.Ruang Lingkup Menurut Wilayah Kerja
System pendidikan di Negara Republik Indonesia adalah system sentralisasi. Kebijaksanaan pendidikan dilakukan oleh pemerintah pusat. Menteri pendidikan dan kbudayaan merupakan pejabat yang memikul tanggung jawab kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan di seluruh Indonesia. Sebagai pembantu pelaksana kebijaksanaan tersebut adalah pejabat-pejabat yang tersebar diseluruh propinsi, disetiap kabupaten kecamatan, serta unit-unit kerja. Bersdasarka tinjauan wilayah kerja tersebut maka ruang lingkup menajemen pendidikan dibagi  menjadi:
a.    Manajemen pendidikan seluruh Negara, yaitu menajemen pendidikan untuk urusan nasional, yang ditangani dalam lingkup ini  bukan  hanya pelaksanaan pendidikan disekolah saja tetapi juga pendidikan di luar sekolah, pendidikan pemuda, penyelenggaran latihan, penelitian, pengembangan masalah-masalah pendidikan, serta meliputi pola kebudayaan dan kesenian.
b.    Manajemen pendidikan satu propinsi, yaitu manajemen pendidikan yang meliputi wilayah kerja satu propinsis yang pelaksanaanya dibantu lebih lanjut oelh petugas manejemen pendiidkan di kabupaten dan kecamatan.
c.    Manajemen pendiidkan satu kebu[aten atau kota, yaitu menejemen penididikan yang meliputi wilayah kerja saut kabupaten atau kota, meliputi semua urusan pendiidkan memuat jenjang dan jenis.
d.   Manejmen pendiidkan satu unit kerja. Pengeritan dalam manajemen unit ini lebih ditiitk beratkan pada satu unit kerja yang langsung menangani pekerjaan mendidik; sekolah, pusat latihan, pusat pendidikan, dan kursusu-kursus. Dengan demikian, cirri dari unit ini adalah adanya :
1.    Pemberi pelajaran
2.    Bahan yang diajarkan
3.    Penerima pelajaran, ditambah semua sarana penunjangnya.
e.    Manajemen kelas, sebagai suatu kesatuan kegiatan terkecil dalam usaha pendidikan yang justru merupakan “ dapur ini” dari seluruh jenis menjemen pandidikan. Dalam manejemen kelas inlah kemudian terdapat istilah “pengerlolaan kelas” baik yang bersifat instruksional maupun managerial

B.Ruang Lingkup Menurut Fungsi Atau Ukuran
Fungsinya manajemen ini  adalah merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan mengkoordinasikan, mengkomunikasikan,  mengawasi, mengevaluasi. Henry Fayol menyebutkan fungsi manajemen ini atas 7 jenis kegiatan, yaitu planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, dan budgeting.
Ruang Lingkup manajemen Pendidikan menurut fungsi atau urutsn tampak pada di bawah ini :
Fungsi
Manajemen
Sumber Daya
PLANNING
ORGANIZING
ACTUITING
CONTROLING
Man
Money
Methods/media
Material
Machines
Minutes
Marketing
Informasi


































BAB III. MANAJEMEN MENURUT OBJEK GARAPAN

A.Manajemen Kesiswaan
a. Ruang Lingkup Manajemen SiswaSekolah adalah suatu tempat yang semua orang mestinya menggunakannya. Bagi seorang anak, sekolah adalah dunia, lingkungan kedua, yang memberi arah perkembangan dan kematangan. Sekolah merupakan tempat untuk menentukan masa depan anak, karena di sekolah inilah anak mencari ilmu untuk bekal hidup. Oleh karena itu sekolah ini harus diatur, disusun, dikelola sedemikian rupa sehingga memenuhi harapan. Pengelolaan sekolah untuk memperoleh suasana khusus yang diharapkan meliputi beberapa kegiatan yang dihubungkan dengan administrasi. Seorang ahli dari AS bernama L. Gulick mengemukakan adanya tujuh unsur administrasi seperti disebutkan buku Administrasi Pendidikan yaitu:
1 Perencanaan (Planning)
2 Pengorganisasian (Organizing)
3 Kepegawaian (staffing)
4 Pengarahan (Directing)
5 Pengkoordinasian (Coordinating)
6 Pengawasan (Controling)
7 Pelaporan (Repoting)
Selanjutnya dikemukakan pula apa yang menjadi sasaran atau bidang garapan Administrasi Pendidikan, yaitu:
1 Administrasi kurikulum
2 Administrasi Murid
3 Administrasi Personal
4 Administrasi materiil
5 Administrasi keuangan
6 Administrasi perumah sekolah
Di dalam administrasi siswa, yang selanjutnya disebut dengan pengelolaan siswa, siswa dibicarakan sebagai anggota masyarakat sekolah. Sebagai anggota masyarakat, mereka mempunyai hak dan kewajiban.
Hak siswa:
• Menerima pelajaran
• Mengikuti kegiatan yang diadakan sekolah
• Menggunakan semua fasilitas yang ada
• Memperoleh bimbingan dan sebagainya

Kewajiban siswa:
• Hadir pada waktunya
• Mengikuti pelajaran dengan tertib
• Mengikuti ulangan, atau kegiatan-kegiatan lain yang ditentukan oleh sekolah
• Menaati tata-tertib dan peraturan yang berlakunya, dan sebagainya.
Jadi yang peting, di dalam pengelolaan siswa ini dibahas tentang hak dan kewajiban siswa. Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan alat berbentuk buku, formulir, daftar dan sebagainya yang harus dikerjakan secara teratur.
Kelompok manajemen siswa dapat diidentifikasikan melalui proses masuknya siswa di sekolah sampai keluar atau tamat. Manajemen siswa dapat digolongkan dalam lima kegiatan, yaitu:
1. Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan siswa baru merupakan peristiwa penting bagi suatu sekolah, karena peristiwa ini merupakan titik awal yang menentukan kelancaran tugas suatu sekolah. Kesalahan dalam penerimaan siswa baru dapat menentukan sukses tidaknya usaha pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Kapan penerimaan siswa baru dilakukan? Oleh karena penerimaan siswa baru bukanlah hal yang ringan. Maka menjelang tahun ajaran baru proses penerimaan siswa baru harus sudah selesai. Untuk itu penunjukan panitia penerimaan siswa baru telah dilakukan oleh kepala sekolah sebelum tahun ajaran berakhir. Panitia penerimaan siswa baru sifatnya tidak tetap, dia akan dibubarkan jika tugasnya telah selesai.
Tugas panitia penerimaan :
a. Menentukan banyak siswa yang diterima
Biasanya siswa baru diterima hanya untuk kelas 1. Akan tetapi apabila masih ada tempat untuk kelas-kelas lain atau karena perluasan, dapat juga diterima untuk siswa baur dikelas 2 dan 3. Penentuan banyak siswa yang diterima tergantung dari daya tamping untuk tahun tersebut. Rumus untuk daya tampung adalah :
Dt=(B x M - TK)
Dt : daya tampung
B : banyak bangku yang ada
M : muatan bangku
TK: banyak siswa yang tinggal kelas
b. Mementukan syarat-syarat penerimaan siswa baru
Syarat-syarat tersebut antara lain:
1) Umur sesuai dengan tingkat sekolah
 TK tingkat A
Ø umur 3 – 4 tahun
TK tingkat B umur 4 – 5 tahun
TK tingkat C umur 5 – 6 tahun
Sekolah Dasar prioritas umur 7 tahun
Jika masih ada tempat, urutan penerimaan sebagai berikut: 8 tahun, 9 tahun, 10 tahun, 11 tahun, 12 tahun, 16 tahun.
 SLTP
Ø umur 11 – 17 tahun
 SMU/SMK
Ø umur 14 – 17 tahun
2) Salinan surat tanda tamat belajar
3) Salinan rapor kelas tertinggi
4) Mengisi formulir yang disediakan
5) Salinan surat kelahiran, surat kelakuan baik, surat kesehatan
6) Membayar uang pendaftaran
c. Melaksanakan Penyaringan
Untuk sekolah-sekolah yang merupakan kelanjutan dari sekolah lain, kegiatan penyaringan bukanlah yang penting karena:
• Peminat untuk sesuatu sekolah melebihi tempat yang disediakan
• Kadang-kadang perlu dilakukan penelusuran bakat atau kemampuan tertentu
• Nilai pelajaran atau ujian akhir di sekolah yang lebih rendah belum menjamin bahwa lulusannya mampu mengikuti pelajaran di suatu sekolah lanjutan.

Penyaringan siswa baru didasarkan pada:
• Atas pertimbangan target
• Atas pertimbangan nilai atau tingkat kemampuan yang telah diterapkan
d. Mengadakan pengumuman penerimaan
e. Mendaftar kembali calon yang sudah di terima
f. Melaporkan hasil pekerjaan pada kepala sekolah

2. Ketatausahaan Siswa
Sebagai tindak lanjut dari penerimaan siswa baru maka proses selanjutnya adalah menjadi tugas tata usaha sekolah untuk memproses siswa tersebut dalam catatan-catatan sekolah. Catatan-catatan sekolah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Catatan-catatan untuk seluruh sekolah
1) Buku induk, yaitu yang digunakan untuk mencatat data semua anak yan pernah dan sedang mengikuti pelajaran di suatu sekolah. Catatan dalam buku induk meliputi nomor urut, nomor induk (sesuai tanggal mendaftar) nama, jenis kelamin, tanggal lahir, nama orang tua, pekerjaaan orang tua, alamat orang tua/ wali, tanggal keluar atau meninggalkan sekolah dan kolom keterangan.
2) Buku klapper, yaitu buku pelengkap buku induk yang ditulis menurut abhad dan berfungsi untuk membantu petugas dalam mencari data dari buku induk. Hal-hal yang dimuat dalam buku klapper adalah nomor induk, nama, nama orang tua/ wali, alamat orang tua/ wali. Penentuan nama dan alamat orang tua/ wali adalah untuk membantu petugas jika ternyata ada nama anak yang sama.
3) Catatan-catatan sekolah, yaitu catatan atau peraturan yang bukan hanya diperlukan bagi siswa saja tetapi juga untuk guru dan karyawan lain. Tata tertib siswa adalah suatu peraturan untuk mengatur sikap anak-anak di dalam satu sekolah (departemen kpendidikan dan kebudayaan). Fungsi tata tertib bersifat ganda. Pertama untuk anak-anak itu sendiri agar secara individual sikapnyaa baik. Kedua, mengatur agar pergaulan di sekolah itu teratur, tidak ada yang berkelakuan dan bersifat semaunya sendiri sehingga tidak kekacauan di sekolah.
b. Catatan-catatan untuk masing-masing sekolah
Catatan-catatan untuk masing-masing kelas meliputi :
1) Buku kelas (cuplikan buku induk)
2) Buku presensi kelas yang diisi setiap hari dan pada akhir bulan dihitung presentasi absensinya.
3) Buku-buku lain mengenai catatan prestasi eblajar dan bimbingan penyuluhan.

3. Pencatatan Bimbingan Dan Penyuluhan Siswa
Saat ini hampir semua kelas menengah telah memiliki tenaga yang bertugas melaksanakan bimbingan dan penyuluhan, karena telah disadari peranannya dalam menunjang dalam keberhasilan belajar siswa. Apakah arti bimbingan dan penyuluhan itu?
Bimbingan adalah bantuan atau tuntunan khusus yang diberikan pada siswa dengan memperhatikan potensi-potensi yang ada pada siswa tersebut agar dapat berkembang semaksimal mungkin. Penyuluhan adalah interaksi antarpribadi pembimbing dan terbimbing untuk membicarakan masalah terbimbing untuk mendapatkan pemecahan. Istilah lain dari penyuluhan adalah konseling.
Ada empat jenis bimbingan di sekolah:
a. Bimbingan belajar
Bertujuan membantu mengenal, memahami cara belajar yang efisien dan efektif, tertib dan disiplin belajar baik secara mandiri maupun kelompok dsb
b. Bimbingan pribadi
Bertujuan membantu siswa mengenal, menemukan pribadi yang beriman dan bertakwa pada tuhan yang maha esa, madiri, bertanggung jawab, memiliki konsep pribadi, menghargai keunikan kemampuan diri, serta sehat jasmani dan rohani.
c. Bimbingan karir/ bimbingan menelusuri kemampuan untuk memperoleh kesempatan kerja
Ditujukan untuk mengenal untuk memahami dan mengembangkan potensi diri dalam mempersiapkan masa depan.
d. bimbingan sosial Bertujuan membantu siswa memahami diri kaitannya dengan lingkungan social dan sekitarnya.
Ke empat bimbingan tersebut dilaksanakan melalui tujuh jenis kegiatan pelayanan yaitu:
• Layanan orientasi
• Layanan informasi
• Layanan penempatan dan penyaluran
• Layanan pembelajaran
• Layanan konseling perorangan
• Layanan bimbingan kelompok
• Layanan konseling kelompok

4. Pencatatan Prestasi Belajar
Pencatatan prestasi belajr ada yang merupakan pencatatan untuk seluruh sekolah untuk masing-masing kelas dan ada yang untuk siswa sebagai perseorangan. Beberapa catatan prestasi belajar adalah :
a. Buku daftar nilai
Yaitu buku tempat mencatat nilai hasil belajar secara langsung dari kertas pekerjaan ulangan atau hasil dari ujian lisan. Buku daftar nilai ditangani oleh guru yang mengasuh mata pelajaran yang bersangkutan dan memuat nilai semua siswa yang diajar oleh seorang guru jika guru tersebut mengajar satu macam bidang studi.

b. Buku leggier (buku kumpulan nilai)
Jika dalam buku daftar nilai hanya terdapat satu nilai untuk bidang studi, maka dalam leggier akan dapat dilihat semua nilai untuk semua bidang studi yang diajarkan sekolah tersebut untuk satu periode. Di setiap sekolah yang baik manajemennya terdapat 2 macam legier yaitu :
1) Leggier kelas, yaitu buku kumpulan nilai yang memuat nilai semua pelajaran untuk satu periode tertentu dan untuk satu kelas tertentu.
2) Leggier sekolah, yaitu buku kumpulan nilai untuk setiap kelas dan sudah di himpun untuk seluruh sekolah

C. Buku Rapport
Buku rapport adalah sebuah buku yang memuat hasil belajar siswa selama siswa tersebut mengikuti suatu pelajaran di sekolah. Oleh karena itu, paling sedikit banyaknya lembaran rapport sama dengan banyaknua tingkatan di suatu sekolah.
Fungsi dan kegunaan rapport adalah sebagai hasil kerja sekolah kepada orang tua atau wali siswa karena sekolah merupakan lembaga yang sudah di pilih oleh orang tua atau wali untuk mendidik anaknya. Rapport tidak hanya berisi laporan tentang hasil belajar yang berupa kepandaian saja. Akan tetapi juga laporan tentang kelakuan, kejujuran, kepemimpinan, keberhasilan dan aspek-aspek pribadi yang lain.
Secara umum petunjuk pengisian rapport adalah sebagai berikut :

1) Sekolah dapat menetapkan sendiri kelengkapan dari model rapport ini, misalnya identitas peserta didik dan sekolahnya.
2) Kotak pertama: berisi nomor, nama mata pelajaran, aspek penilaian, nilai (angka dan huruf) serta catatan guru.
3) Kotak kedua: perilaku.
4) Kotak ketiga: pengembangan diri.
5). Mutasi Siswa

Mutasi siswa atau pindah siswa yaitu perpindahan di dalam sekolah sendiri (mutasi intern) maupun perpindahan keluar sekolah (mutasi ekstern). Mutasi intern terjadi apabila siswa mengalami perpindahan dari kelas yang satu ke kelas yang lain (naik tingkatan atau lainnya). Mutasi ekstern adalah mutasi yang terjadi karena seseorang siswa keluar dari sekolah disebabkan karena telah menamatkan pelajarannya atau karena hal-hal lainnya misalnya berhenti, mengikuti orang tua dan sebagainya. Sebab-sebab mutasi antara lain :
a. Tamat sekolah.
b. Pindah ke sekolah lain menurut pilihan orang tua atau siswa yang masih satu tempat.
c. Pindah ke sekolah lain di lain tempat karena mengikuti orang tua atau sebab lain.
d.Berhenti sekolah karena tidak mampu (kepandaian atau ekonomi)
e. Karena meninggal dunia.


B.Manajemen Personalia
Manajemen personalia adalah : "Suatu ilmu seni untuk melaksanakan antara lain planning, controlling, sehingga efektivitas dan efesiensi personalia dapat di tingkatkan semaksimal mungkin dalam pencapaian tujuan.
Dan dalam manajemen personalia antara lain :
a.       Memperlancar program super visi pendidikan
b.      Membantu pengisian identitas kepegawaian
c.       Membantu memperlancar kebijakan-kebijakan

C.Manajemen Kurikulum
            Dalam manajemen kurikulum antara lain :
a.       Menyusun program mengajar sesuai dengan garis-garis besar program pengajaran (GBPP) dalam kurikulum yang berlaku.
b.      Menyusun satuan pelajaran beserta pembagian waktu.
c.       Merencanakan dan melaksanakan program evaluasi pendidikan.
d.      Pembagian tugas dan penjadwalan.

D.Manajemen Sarana Dan Materi
Dalam manajemen sarana dan materi antara lain :
a.       Invertarisasi alat peraga dalam bidang masing-masing
b.      Merencanakan dan mengusahakan buku pegangan
c.       Mengatur penggunaan laboratorium sekolah
d.      Membantu/memelihara merawat fasilitas sekolah
e.       Membantu mengadministrasikan buku-buku perpustakaan

E.Manajemen Tata Laksana
Dalam manajemen tata laksana antara lain :
a.       Merencanakan penggunaan ruang belajar.
b.      Berpartisifasi dalam rapat-rapat sekolah
c.       Membantu kelancaran ketatausahaan sekolah.
d.      Membantu menyusun kalender.

F.Manajemen Pembayaran
Dalam manajemen pembayaran antara lain :
a.       Memebantu memperlancar pemasukan uang SPP
b.      Membanu kepala sekolah dalam hal SPJ.
c.       Guru sebagai pencatat keuangan.

G.Manajemen Lembaga Pendidikan­­
            Dalam manajemen lembaga pendidikan antara lain :
1)      Membantu kepala sekolaj dalam menyusun rincian tugas (job descriptioan).
2)      Membantu pengembangan organisasi atau lembaga sekilah.

H.Manajemen Humas 
Dalam manajemen Humas antara lain :
a.       Pengabdian pada masyarakat, seperti bekerja sama dengan masyarakat.
b.      Duduk dalam kepanitiaan tertentu bersama warga setempat.
c.       Rapa-rapat bersama BP3/ orang tua murid.
d.      Meyusun laporan pendidikan.
e.       Ikut menjaga nama baik sekolah.

Tugas-tugas pokok atau beban kerja HUMAS suatu organisasi/lembaga
1.      Memberikan informasi dan menyampaikan ide (gagasan) kepada masyarakat atau pihak-pihak lain yang membutuhkannya
2.      Membantu pemimpin yang tugas-tugassnya tidak dapat langsung memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukan
3.      Membantu pemimpin memperisapkan bahan-bahan tentang permasalahan dan informasi.
4.      Membanatu pemimpin dalam mengembangkan rencana dan kegiatan-kegiatan lanjutan yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat (public service).






BAB IV FUNGSI MANAJEMEN

A.Fungsi-fungsi Manajemen Menurut Beberapa Ahli
 George Terry
1.      Planning (perencanaan) yaitu suatu proses mempersiapkan serangkaian keputusan untuk mengambil tindakan yang akan datang yang terarah pada percapaian tujuan dengan cara yang seoptimal.
2.      Organizing (pengorganisasian) yaitu sebuah usaha untuk mewujudkan kerja sama antar seseorang atau sekelompok.
3.      Actuating ( penggerakan) yaitu suatu usaha yang  dilakukan oleh pemimpin atau lieder untuk memberikan pengarahan penjelasan petunjukserta bimbingan kepada stafnya sesuai bidangnya, baik sebelum melaksanakan tugas maupun saat-saat melaksanakan tugas.
4.      Controlling (pengawasan) yaitu usaha pimpinan untuk mengetahui lancarnya kerja, dan bertujuan untuk mengetahui tingkat penyelewengan serta untuk mengetahui tingkat efektifitas.
 H. Koontz dan O’Donnel (1991) dalam “The Principles of Management” :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Staffing
4.      Controlling
5.      Directing

Luther Gullick :

1.         Planning
2.         Organizing
3.         Staffing
4.         Directing
5.         Coordinating
6.         Reporting
7.         Controlling
Nickels & McHugh :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Directing
4.      Controling
Richar W Griffin :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Leading
4.      Controling
Ernest Dale :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Staffing
4.      Directing
5.      Innovating
6.      Representing
7.      Controling
Henry Fayol :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Commanding
4.      Coordinating
5.      Controlling
Lyndall Urwick & Luther Gulick :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Staffing
4.      Directing
5.      Coordinating
6.      Reporting
7.      Budgeting
                                   
John Robert B, Ph.D :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Commanding
4.      Controlling
William H. Newman :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Assem-bling
4.      Resources
5.      Directing
6.      Controlling
Dr. S.P. Siagian, M.P.A :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Motivating
4.      Controlling
William Spriegel :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Controlling
Dr. Winardi, S.E :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Coordinating
4.      Actuating
5.      Leading
6.      Communication
7.      Controlling
The Liang Gie :
1.      Planning
2.      Decision Making
3.      Directing
4.      Coordinating
5.      Controlling
6.      Improving

James A.F.Stoner :
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Leading
4.      Controlling

Louis A.Kallen
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Actuting
4.      Leading

Oeng Liang Lee
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Directing
4.      Coordinating
5.      Controlling
B.PENGERTIAN-PENGERTIAN
1. Planning
adalah perencanaan penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan
Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
2. Organizing
Organizing atau pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
3. Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
4. Activating
Activating atau pelaksanaan adalah suatu fungsi manajemen berupa bentuk kegiatan kerja nyata dalam suatu kegiatan manajemen.
5. Staffing
Staffing adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
6. Directing / Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
7. Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
8. Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
9. Leading
Mengambil keputusan
Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
10.Innovating
Innovating merupakan fungsi manajemen berupa penelitian, pengembangan, dan / atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
11. Representing
Representing adalah fungsi manajemen berupa adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas.
12. Budgeting
Budgeting merupakan fungsi manajemen berupa pengikhtisaran sistem anggaran keuangan. Baik itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.
13. Assembling
Assembling merupakan fungsi manajemen dimana terjadi pengurutan-pengurtan dalam hal kegiatan yang berhubungan dengan manajemen itu sendiri.
14. Resources
Resources merupakan fungsi manajemen berupa pemanfaat sumber daya yang ada, baik itu SDA atau SDM sehingga terjadi ketepatgunaan.
15. Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
16. Actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
17. Communication
Communication merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini komunikasi yag terjadi diantara hierarki kepemimpinan.
18. Decision Making
Dicision Making merupakan fungsi manajemen yang dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final . Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.
19. Improving
Improving adalah salah satu fungsi manajemen dalam hal peningkatan mutu kegiatan, kepemimpinan, kerjasma, dan lain-lain



































BAB V MANAJEMEN DAN ORGANISASI PENDIDIKAN  

A.Manajemen Lembaga Pendidikan
            Setiap lembaga pendidikan, di tuntut untuk memberika pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggannya. Agar tugas ini terwujud, lembaga perlu di dukung oleh sistem manajemen yang baik. Diantara sistem manajemen yang baik itu memiliki beberapa ciri, yaitu : adanya pola pikir teratur ( administrative thinking), adanya pelaksanaan kegiataan yang teratur ( administrative behavior), dan adanya penyikapan terhadap tugas-tugas kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara baik (administrative attitude).

B.manajemen organisasi pendidikan   
            Organisasi lembaga penidikan adalah suatu organisasi yang unik dan kompleks karena lembaga pendidikan tersebut merupakan suatu lembaga penyelenggaraan pendidikan.tujuannya antara lian untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memilik kemampuan akademik dan profesionla yang dapat menerapkan, mengembangkan,memperkaya ilmu pengetahuan , teknologi,kesenian, serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan tarap kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayan nasional.
            Demikian kompeksnya organisasi tersebut, maka dalam memberikan layanan pendidikan kepada siswa khususnya dan masyarakat pada umumnya organisasi perlu dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan perlu menyadari adanya pergeseran dinamika internal (perkembangan dan perubahan peran) dan tuntutan ieksternal yang semakin berkembang. Berdasarkan sebagai definisi di atas dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi di lembaga pendidikan adalah pemaknaan bersama seluruh anggota organisasi di suatu lembaga pendidikan yang berkaitan dengan nilai, keyakinan, tradisi, dan cara berpikir unik yang di anutnya dan tampak dalam perilaku mereka, sehingga membedakan antara lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan lainnya.

C. Organisasi sebagai sistem terbuka
            Organisasi sebagai sistem terdiri dari input, proses, output, dan outcome, konte antara lain terdiri atas landasan hukum yang berlaku, kebijakan pemirintah yang berlaku, tuntutan pengembangan diri dan peluang tamatan, tuntutan ekonomi pendidikan, tuntutan globalisasi, nilai dan harapan masyarakat, dunia usaha dan industri, dengan IPTEK, dukungan pemerintah, serta dukungan masyarakat. Dengan kata lain., organisasi sebagai sistem terbuka yang berinteraksi dengan lingkungan.
D.keaktifan Organisasi
            Misi utama dari manajemen mutu terpadu adalah untuk memnuhi kebutuhan dan tuntutan seluruh pelanggan. Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu menjaga hubungan dengan pelanggannya dan memiliki obsesi terhadap mutu.
Pelanggan sekolah ada dua macam :
1. Pelanggan Internal : guru,pustakawan,laborat,teknisi dan administrasi.
2. Pelanggan eksternal terdiri dari :
·         Pelanggan primer : siswa
·         Pelanggan sekunder : orang tua, pemerintah dan masyarakat
·         Pelanggan tertier : pemakai/penerma lulusan (perguruan tinggi dan dunia usaha)
    
            Menurut Edward Sallis dalam institusi pendidikan pelanggan utama adalah pelajar yang secara langsung menerima jasa, pelanggan kedua yaitu orang tua atau sponsor pelajar yang memiliki kepentingan langsung secara individu maupun institusi dan pelanggan ketiga yaitu pihak yang memiliki peran penting, meskipun tak langsung seperti pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan.
             
E. Hubungan Organisasi dan Lingkungan
            Schein (1985) memberi definisi bahwa budaya organisasi adalah pola asumsi dasar yang telah ditemukan suatu kelompok,ditentukan dan dikembangkan melalui proses belajar untuk menghadapi persoalan penyesuaian (adaptasi) kelompok eksternal dan integrasi kelompok  internal.
            Pendapat lain tentang budaya organisasi menyatakan bahwa budaya organisasi mengacu pada satu sistem pemaknaan bersama yang di anut oleh anggota organisasi dalam erilaku merekaerilaku mebentuk nilai, tradisi, keyakinan (belief) norma, dan cara berfikir unik yang membedakan organisasi itu dari organisasi lainnya (ouchi,1981).
            Berdasarkan sebagai definisi di atas dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi di lembaga pendidikan adalah pemaknaan bersama seluruh anggota organisasi itu di suatu lembaga pendidikan yang berkaitan dengan nilai, keyakinan, tradisi dan cara cerfikir unik yang dianutnya dan tampak dalam perilaku mereka, sehingga membedakan antara lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan lainnya.

























BAB VI SUPERVISI

A.Pengertian Supervisi

Konsep supervisi modern dirumuskan oleh Kimball Wiles (1967) sebagai berikut: “Supervision is assistance in the depolepment of a be teaching learning situation”, supervise adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik. Rumusan ini mengisyaratkan bahwa layanan superrvisi meliputi keseluruhan situasi belajar mengajar (goal, material, technique, method, teacher, student, an enviroum). Situasi belajar inilah yang seharusnya diperbaiki dan ditingkatkan melalui kegiatan supervise. Dengan demikian layanan supervise tersebut mencakup seluruh aspek dari penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran.
Konsep supervise tidak bisa disamakan dengan inspeksi, inspeksi lebih menekankan kepada kekuasaan dan otoritas, sedangkan supervise lebih menekannkan kepada persahabatan yang dilandasi oleh  pemberian layanan dan kerjasama yang lebih baik diantara  guru, karena bersifat domokrfatis. Istilah supervise pendidikan dapat dijelaskan baik menurut asal-usul (etimologis), bentuk perkataannya (morfologi)maupun isi yang terkandung dalam perkataan itu (semantik).
a.    Etimologi
Istilah supervisi diambil dalam perkataan Bahasa Inggris “supervision” artinya pengawasan dibidang pendidikan.
b.    Morfologi
Supervise terdiri dari dua kata “super” berarti : alas, lebih, “ visi ” berarti : lihat,tilik, awasi. Seorang supervisior memang mempunyai posisi diatas atau mempunyai kedudukan yang lebih dari orang yang dIsupervisinya.
c.    Semantik
Pada hakekatnya isi yang terkandung dalam definisi yang rumusannya sesuatu  terkandung dari orang yang mendifinisikannya. Wiles secara singkat telah merumuskan bahwa supervise sebagai bantuan pengembangan situasi belajar mengajar agar lebih baik. Adam dan Dickey merumuskan supervise sebagai pelayanan khususnya menyangkut perbaikan proses belajar mengajar. dengan demikian, supervise ditujukan kepada penciptaan atas pengembangan situasi belajar mengajar yang lebih baik.

B.  Tujuan dan Jenis Kegiatan  supervisi
  Secara singkat evaluasi program merupakan upaya untuk mengukur ketercapaian program / kegiatan, yaitu mengukur sejauh mana sebuah kebijakan dapat terimplementasikan. Jenis kegiatannya berupa  seperti : kegiatan membaca, program seminar, program UKS. Tujuan evaluasi program harus dirumuskan dengan titik tolak tujuan program yang dievaluasi, agar pengukuran tujuan dapat diketahui secara cermat dan teliti sampai diketahui sisi negative dan positifnya, dapat menunjukkan bagian mana dari kebijakan yang mana dapat diimplementasikan dan mana yang tidak, serta apa penyebabnya maka tujuan evaluasi perlu dirincikan.
 Kegiatan supervise pengajaran merupakan kegiatan yang wajib di laksanakan dalam penyelenggaraan pendidikan. Pelaksanaann supervise oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam memberikan pembinaan kepada guru. Hal tersebut karena proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atau dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu, oleh karena itu kegiatan supervise dipandang perlu untuk memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran.

C.Peranan Supervisi Pendidikan
Supervise berfungsi membantu (asisting), support (supporting) dan mengajak mengikutsertakan (sharring), Kimbal Wiles, 1995, dilihat dari kinerja supervisior yang melaksanakan tugasnya.
Mengenai peranan supervise dapat dikemukakan beberapa pendapat para ahli, seorang supervisior dapat berperan sebagai :
1.      Koordinator
2.      Konsultan
3.      Pemimpin kelompok
4.      Evaluator
( Peter . F. Olivia 1976)
1.      Sebagai coordinator ia dapat mengkoordinasikan program belajar mengajar, tugas-tugas anggota staf berbagai kegiatan yang berbeda-beda diantara guru-guru, conth : kongkrit mengkordinasi tugas mengajar satu mata pelajaran yang dibina oleh berbagbai guru.
2.      Sebagai konsultan ia dapat member bantuan, bersama mengkolsultasikan masalah yang dialami guru baik secara individual maupun secara kelompok.
3.      Sebagai pemimpin kelompok ia dapat memimpin sejumlah staf guru dalam pengembangan potensi kelompok. Pada saat mengembangkan kurikulum, materi pelajaran dan kebutuhan professional guru-guru secara kurukulum. Ia juga dapat mengembangkan keterampilan dan kiat-kiat dalam bekerja untuk kelompok (working for the group) bekerja dengan kelompok ( working  with the group ).
4.      Sebagai evaluator, dapat menilai kurikulum yang sedang dikembangkan.

D.Prinsip-Prinsip Supervisi
Masalah yang dihadapi dalam melaksanakan supervise dilingkungan pendidikan adalah bagaimana cara mengubah pola pikir yang bersifat otokrat dan korektif,sikap yang konstruktif dan kreatif. Suatu sikap yang menciptakan situasi dan relasi dimana guru-guru merasa aman dan merasa diterima sebagai subyek yang dapat berkembang sendiri untuk itu supervise harus dilaksanakan berdasarkan data, fakta yang obyektif, maka prinsip supervise dilaksanakan, yaitu :
1.      Prinsip ilmiah (scientific)
2.      Prinsip demokratis
3.      Prinsip kerjasama
4.      Prinsip konstruktif dan kreatif.

E.Alat- Alat  Bantu Supervisi  Pendidikan
Adam dan Dickey mengatakan bahwa salah satu alat supervise penting dalam supervise adalah individual, conference, sebab dalam individual conference seorang supervisior dapat bekerja secara individual dengan guru dalam memecahkan problem-problem pribadi yang berhubungan dengan jabatan mengajar (personal and professional problems),misalnya pemilihan dan pemakaian alat-alat pelajaran tentang penentuan dan penggunaan metode belajar, dsb. Adapun alat-alat bantu yang lain yaitu chek-list, evaluative check list, dan activis check list.
                                  
F.Hubungan antara Manajemen  dan Supervisi
Hubungan antara manajemen dan supervise pendidikan, yaitu saling memilliki keterkaitan satu dengan yang lain / sama lain, maksudnya dengan adanya manajemen pendidikan maka secara tidak langsung terhadap supervise pendidikan.
Kalau dilihat dari pengertiannya manajemen pendidikan adalah suatu aktifitas memadukan elemen – elemen dalam pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang  telah ditentukan bersama sebelumnya. George Terry berpendapat bahwa definisi manajemen pendidikan adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari P. O. A. C yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDA dan SD-SD lainnya, sedangkan supervise pendidikan dapat diartikan sebagai evaluasi program atau kegiatan pendidikan yang bersifat membangun serta kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan, jadi secara tidak langsung supervise pendidikan diperlukan untuk mengevaluasi program atau kegiatan tersebut agar dapat tercapainya tujuan.






























BAB VII
PROSES SUPERVISI PENDIDIKAN

A.    Komponen dan Proses Supervisi
Dalam pelaksanaanya atau proses supervisi pendidikan terlibat adanya berbagai ragam/corak seperti :
1.      Supervisi yang Preventif 
Dalam proses supervisinya, supervisor senantiasa berusaha mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan berusaha memberikan nasehat-nasehat dan saran-saran untuk menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan serta kesulitan-kesulitan yang mungkin bisa terjadi.
2.      Supervisi yang Korektif
 Dalam proses supervisinya, supervisor lebih bersifat mencari kesalahan-kesalahan bawahannya, baik kesalahan-kesalahan prinsipiil, teknis maupun dalam melaksanakan instruksi-instruksi/ketentuan-ketentuan yang telah diberikan oleh pihak supervisor.
3.      Supervisi yang Konstruktif 
Supervisor senantiasa berusaha membangkitkan semangat membangun, mengembangkan potensi bawahannya demi peningkatan prestasi dan produksivitas kerja. Pembinaan dan kritik yang bersifat membangun adalah ciri dan proses dari supervisi ini.Dalam kependidikan supervisi semacam ini, cenderung mengikuti asas Tut Wuri Handayani. Sistem Supervisi Pendidikan di SMAN 1 Mojosari Page 28.
4.      Supervisi yang Kreatif 
Supervisor senantiasa memperhatikan pada inisiatif, daya cipta, penelitian, kepemimpinan dan hasil-hasil penemuan bawahannyadengan memberikan penghargaan, piagam atau predikat-predikatketeladanan.
5.      Supervisi yang Koorperatif.
Supervisor selaku menggunakan kerjasama, partisipasi, musyawarah,toleransi dengan bawahannya demi kemajuan dan pengembanagan pendidikan. Kegiatan-kegiatan perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi selalu mengikut sertakan bawahannya seluas-luasnya. diinginkan dengan berusaha memberikan nasehat-nasehat dan saran-saran untuk menghindariterjadinya kesalahan-kesalahan serta kesulitan-kesulitan yangmungkin bisa terjadi.


B.     Perencanaan Supervisi
Hal-hal yang diperlukan dalam perencanaan supervisi adalah sebagai berikut:

a.       Kejelasan Tujuan Pendidikan di Sekolah
Apa yang akan dicapai di sekolah, ke arah mana pendidikan anak-anak di sekolah harus dilaksanakan, merupakan pokok-pokok fikiran yang penting dalam supervisi, dan bukan soal metode atau teknik penyampaian. Metode dan teknik mungkin saja berubah dan harus disesuaikan pada situasi dan kondisi; tetapi tujuannya harus jelas.
Yang perlu disadari sejelas-jelasnya oleh Kepala Sekolah sebagai supervisor ialah apa yang harus dicapai oleh murid-muridnya di sekolah. Semua tindakan di sekolahnya adalah untuk keberhasilan murid-muridnya. Juga bantuan yang diberikan kepada Guru-gurunya, usaha peningkatan kemampuan Guru-guru, semuanya itu adalah untuk membantu murid-muridnya mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Karena itu tujuan pendidikan di sekolah harus jelas bagi Kepala Sekolah dan Guru-guru.

b.      Pengetahuan tentang Mengajar yang Efektif
      Kepala Sekolah sebagai supervisor harus benar-benar menguasai prinsip-prinsip yang dipakai dalam proses belajar-mengajar, harus dapat memilih dan menggunakan metode yang sesuai untuk mengaktifkan murid belajar. Dengan kata lain, seorang supervisor haruslah seorang Guru yang baik, yang dapat dan selalu ingin mengajar baik.
Kepala Sekolah harus menyadari bahwa kegiatan supervisi apapun, apakah penataran Guru dalam bidang studi tertentu, atau usaha peningkatan penampilan Guru di depan kelas, akhirnya harus menghasilkan proses belajar-mengajar yang lebih baik. Akhirnya kegiatan supervisi harus sampai kepada penggunaan metode mengajar yang lebih baik dan lebih efektif untuk meningkatkan keberhasilan belajar muridnya. Rencana supervisi tidak akan memadai jika tidak dilandasi dengan pengetahuan tentang mengajar yang efektif
c.       Pengetahuan tentang Anak
Pengetahuan supervisi harus didasari pengetahuan tentang anak. Perencanaan supervisi harus ditujukan kepada peningkatan belajar murid, yaitu peningkatan murid-murid tertentu, di sekolah tertentu dalam situasi tertentu. Tujuan akhir supervisi bukan hanya peningkatan kemampuan Guru saja, tetapi peningkatan kegiatan belajar dan hasil belajar murid. Peningkatan Guru baru merupakan tujuan sementara. Karena itu yang perlu direncanakan dalam supervisi, bukan saja apa yang perlu dipelajari Guru dan bagaimana kemampuan belajar Guru, tetapi harus juga diperhitungkan apa yang diperlukan murid dan bagaimana kemampuan belajar murid.
Seorang supervisor bukan saja harus mengenal dan mengetahui Gurunya, tetapi tidak kurang pentingnya, bahkan mungkin lebih penting lagi, ialah mengenal dan mengetahui murid-muridnya. Pengetahuan tentang anak ini yang mendasari pengetahuan tentang kebutuhan Guru-gurunya untuk menentukan bantuan apa yang perlu dan dapat diberikan kepada Guru-gurunya itu.
d.      Pengetahuan tentang Guru
Guru adalah peserta dan teman usaha supervisor untuk meningkatkan situasi belajar-mengajar dan hasil belajar murid. Untuk dapat bekerjasama secara efektif, supervisor harus benar-benar mengenal Guru-guru yang diajak bekerjasama itu. Supervisor harus mengetahui di mana kemampuan dan kekurangmampuan Guru, apa kebutuhannya untuk menjadi Guru yang lebih baik. Kegiatan supervisi yang direncanakan harus didasarkan pada kemampuan Guru, minat Guru, kebutuhan Guru. Untuk itu perlu juga diketahui pandangan dan sikap Guru terhadap pendidikan, terhadap tugasnya sebagai pendidik dan sikapnya terhadap masyarakat. Sebab sebelum supervisor dapat mulai meningkatkan kemampuan Guru, harus ada usaha mengubah dulu sikap dan pandangan Guru terhadap pendidikan dan terhadap tugasnya sebagai pendidik dalam masyarakat.
















BAB VIII
TEKNIK SUPERVISI
A.    Fungsi tekhnik dalam supervisi
Secara garis besar teknik supervisi dibedakan menjadi dua bagian, yaitu: teknik perseorangan dan teknik kelompok.
a.      Tekhnik Perseorangan
Yang dimaksud teknik persorangan ialah supervisi yang dilakukan secara perseorangan, beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain:
1.      Mengadakan kunjungan kelas (classroom visitation), Kepala sekolah datang ke kelas untuk mengobservasi bagaimana guru mengajar. Dengan kata lain, untuk melihat apa kekurangan atau kelemahan yang sekirannya perlu diperbaiki.
2.      Mengadakan kunjungan observasi (observation visits), Guru-guru ditugaskan untuk mengamati seorang guru yang sedang mendemonstrasikan cara-cara mengajar suatu mata pelajaran tertentu. Kunjungan observasi dapat dilakukan di sekolah sendiri atau dengan mengadakan kunjungan ke sekolah lain.
3.      Membimbing guru tentang cara-cara mempelajari pribadi siswa atau mengatasi problema yang dialami siswa.
4.      Membimbing guru dalam hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum sekolah, antara lain: menyusun program semester, membuat program satuan pelajaran, mengorganisasi kegiatan pengelolaan kelas, melaksanakan teknik-teknik evaluasi pembelajaran, menggunakan media dan sumber dalam proses belajar mengajar, dan mengorganisasi kegiatan siswa dalam bidang ekstrakurikuler.

b.      Tekhnik Kelompok
Teknik kelompok ialah supervisi yang dilakukan secara kelompok, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:
1.         Mengadakan pertemuan atau rapat (meeting), Seorang kepala sekolah menjalankan tugasnya berdasarkan rencana yang telah disusun. Termsuk mengadakan rapat-rapat secara periodik dengan guru-guru, dalam hal ini rapat-rapat yang diadakan dalam rangka kegiatan supervisi.
2.         Mengadakan diskusi kelompok (group discussions), Diskusi kelompok dapat diadakan dengan membentuk kelompok-kelompok guru bidang studi sejenis. Di dalam setiap diskusi, supervisor atau kepala sekolah memberikan pengarahan, bimbingan, nasihat-nasihat dan saran-saran yang diperlukan.
3.         Mengadakan penataran-penataran (inservice-training), Teknik ini dilakukan melalui penataran-penataran, misalnya penataran untuk guru bidang studi tertentu. Mengingat bahwa penataran pada umumnya diselenggarakan oleh pusat atau wilayah, maka tugas kepala sekolah adalah mengelola dan membimbing pelaksanaan tindak lanjut (follow-up) dari hasil penataran. 

B.     Kunjungan kelas sebagai tekhnik supervisi
Perkunjungan kelas ini berfungsi sebagai alat untuk mendorong guru agar meningkatkan cara mengajar guru dan cara belajar siswa. Perkunjungan ini dapat member kesempatan guru-guru untuk mengungkapkan pengalamannya sekaligus sebagai usaha untuk memberikan rasa mampu kepada guru-guru, karena guru dapat belajar dan memperoleh pengertian secara moral bagi pertumbuhan keduanya. Perkunjungan kelas bertujuan untuk memperoleh data mengenai keadaan sebenarnya selama guru mengajar. Dengan data itu supervisior dapat berbincang dengan guru tentang kesulitan yang dihadapi guru-guru. pada kesempatan itu guru-guru dapat mengemukakan pengalaman-pengalaman yang berhasil dan hambatan-hambatan yang dihadapi serta meminta bantuan, dorongan dan mengikutsertakan.

Ada 3 macam bentuk perkunjungan kelas antara lain :
1.      Perkunjungan tanpa diberitahu (unannouncel visitation). Supervise datang secara tiba-tiba tanpa diberi tahu terlebih dahulu.
2.      Perkunjungan dengan cara memberitahu terlebih dahulu (annauncet visitat) biasanya telah  supervaisor telah memberikan jadwal perkunjungan sehingga pada hari dan jam berapa ia akan di kunjungi.
3.      Perkunjungan atas undangan guru (visit upon intitation). Perkunjungan seperti ini akan lebih baik, oleh karena itu guru akan punya usaha dan motivasi untuk mempersiapkan diri dan membuka diri agar dia dapat memperoleh balikan pengalaman baru dari hal perjumpaannya dengan supervise.

C.       Pertemuan pribadi dalam rangka supervisi
Percakapan pribadi ( individual comperence ) antara seorang supervaisor dengan seorang guru, dalam percakapan tersebut kedua-duanya berusaha berjuang dalam pengertian tentang mengajar yang baik, yang dipercayakan adalah usaha-usaha untuk memecahkan  problem-problem yang dihadapi oleh guru dalam mengajar.

D.    Rapat stap
Rapat staf dapat dilakukan untuk mencapai tujuan dari lembaga pendidikan, adapun macam-macam rapat staf, yaitu menurut tingkatannya waktu dan menurut bentuknya, rapat biasanya dilakukan antara kepala sekolah, staf tata usaha, pengawasannya (guru) dan staf komite.

E.     Tekhnik-tekhnik peningkatan
Profesionalisme menjadi tuntutan dari setiap pekerjaan,apalagi profesi guru sehari-hari menangani benda hidup yang berupa anak-anak atau siswa dengan berbagai karakteristik yang masing-masing tidak sama. Pekerjaan sebagai guru menjadi berat tatkala menyangkut peningkatan kemampuan anak didik.
Guru yang professional adalah mereka yang memiliki kemampuan professional dengan berbagai kapasitasnya sebagai pendidik. Study  yang dilakukan Ace Suryani menuunjukkan bahwa guru yang bermutu dapat diukur dengan lima indkator yaitu
1.         Kemampuan professional (professional capacity), sebagaimana terukur diijazah, jenjang pendidikan, jabatan, dan golongan, serta pelatihan.
2.         Upaya professional (professional efforts), sebagaimana terukur dari kegiatan mengajar, pengabdian dan penelitian.
3.         Waktu yang dicurahkan untuk kegiatan professional ( teacher’s time), sebagai terukur dari masa jabatan, pengalaman mengajar, serta lainnya.
4.         Kesesuaian antara keahlian dan pekerjaannya ( link and match), sebagaimana terukur dari mata pelajaran yang diambilnya, apakah telah sesuai dengan spesialisasinya atau tidak.
5.         Tingkat kesejahteraan (prosperiousity), sebagaimana terukur dari sukses,   upah, honor, atau penghasilan rutinnya. Tingkat kesejahteraan yang rendah bisa mendorong seorang pendidik untuk melakukan pekerjaan sambilan, dan bilamana kerja sama itu sukses, bisa jadi profesi mengajarnya berubah menjadi sambilan.








BAB IX
SUPERVISI DALAM PENAMPILANNYA

A.     Peranan supervisi
Seorang supervisior dapat dilihat dari tugas yang dikerjakannya. Seorang pemimpin pendidikan yang berfungsi sebagai supervisor tampak jelas perannya. Sesuai dengan pengertian hakiki supervisi, maka supervisi berperan atau bertugas memberi support (supporting), membantu (assisting) dan mengikutsertakan (sharing).
Selain itu, seorang supervisior bertugas sebagai:
- Koordinator.
             - Konsultan.
- Pemimpin Kelompok.
- Evaluator .
Tugas lain bagi seorang supervisi atau pengawas akademik, yakni mencakup hal-hal berikut:
1. Mengupayakan agar guru lebih bersungguh-sungguh dan bekerja lebih keras serta bersemangat dalam mengajar.
2. Mengupayakan agar sistem pengajaran ditata sedemikian rupa sehingga berlaku prinsip belajar tuntas, yaitu guru harus berupaya agar murid benar-benar menguasai apa yang telah diajarkan dan tidak begitu saja melanjutkan pengajaran ke tingkat yang lebih tinggi jika murid belum tuntas penguasaannya.
3. Memberikan tekanan (pressure) terhadap guru untuk mencapai tujuan pengajarannya, dengan disertai bantuan (support) yang memadai bagi keberhasilan tugasnya.
4. Membuat kesepakatan dengan guru maupun dengan sekolah mengenai jenis dan tingkatan dari target output yang harus mereka capai sehubungan dengan keberhasilan pengajaran.
5. Secara berkala melakukan pemantauan dan penilaian (assessment) terhdap keberhasilan (efektifitas) mengajar guru, khususnya dalam kaitannya dengan kesepakatan yang dibuat pada butir (4) di atas.
6. Membuat persiapan dan perencanaan kerja dalam rangka pelaksanaan butir-butir di atas, menyusun dokumentasi dan laporan bagi setiap kegiatan, serta mengembangkan sistem pengelolaan data hasil pengawasan.
7. Melakukan koordinasi serta membuat kesepakatan-kesepakatan yang diperlukan dengan kepala sekolah, khususnya dalam hal yang berkenaan dengan pemantauan dan pengendalian efektifitas pengajaran serta hal yang berkenaan dengan akreditas sekolah yang bersangkutan.
B.         Supervisor Sebagai Pemimpin
ia dapat memimpin sejumlah staf guru dalm mengembangkan potensi kelompok, pada saat mengembangkan kurikulum, materi pelajaran dan kebutuhan profesional guru-guru secara bersama. Sebagai pemimpin kelompok ia dapat mengembangkan keterampilan  dan kiat–kiat  dalam bekerja untuk kelompok (working for the group ) bekerja dengan kelompok (working with the group ) dan bekerja melalui  kelompok (working through the group ).

C.          Supervisor Sebagai Evaluator
ia dapat membantu guru-guru dalam menilai hasil dan proses belajar, dapat menilai kurikulum  yang sedang dikembangkan. Ia juga belajar menatap dirinya sendiri ia  dibantu dalam merefleksikan dirinya,  yaitu konsep dirinya (self concept) ide/cita-cita dirinya, (self idea ), realitas dirinya (self reality). P.Wiggens 1965 misalnya, d akhir semester  ia dapat mengadakan.

D.          Supervisor Sebagai Pembina
ia dapat mengkoordinasi  program  belajar  mengajar ,tugas –tugas  anggota staf sebagai  kegaiatan yang berbeda-beda  diantara guru.contohnya  konkret mengkoordinasi  tugas belajar suatu mata pelajaran  oleh berbagai guru.

E.           Supervisor Sebagai Komunikator
Ia dapat memberi bantuan bersama,  mengkonsultasikan masalah yang dialami  guru baik secara  individual maupun kelompok.misalnya kesulitan dalam mengatasi anak yang sulit belajar,yang menyebabkan guru sendiri sulit  mengatasi dalam tahap belajar. Evaluasi diri sendiri  dengan memperoleh umpan  balik dari setiap peserta didik  yang dapat dipakai  sebagai bahan untuk memperbaiki dan meningkat kan diri.
Yang harus diubah ialah unjuk kerja para pembina pendidikan (supervisor) yang memakai pola lama dan kebiasaan memberi pengarahan .dala iklim demokrasi ,harus ada reformasi unjuk  kerja  para pembina pendidikan seperti yang diungkap kan oleh Kimball Wiles (1955 ).ia menegaskan peranan  severvisor ialah menbantu  memberi support dan mengikut serta kan ,bukan mengarahkan terus –menerus .kalau mengarahkan terus-menerus maka  tidak demokratis ,juga tidak memberi kesempatan  untuk guru-guru  belajar berdiri sendiri (otonom ) dalam arti profesional .guru tidak diberi kesempatan untuk berdiri sendiri  atas tanggung  jawab nya sendiri .pada hal ciri-ciri dari guru profesional  ialah  guru yang memiliki otonomi dalam arti bebas mengembangkan diri sendiri atas kesadaranya sendiri.

































BAB X
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

1.Pengertian Kepemimpinan Pendidikan
Kepemimpinan (dalam hal ini KS) merupakan suatu kemampuan dan kesiapan seseorang untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan staf sekolah agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan.
Kepemimpinan adalah proses yang menjamin terjadinya dinamika positif dalam organisasi atau kelompok dengan cara melakukan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan organisasi.
Kepemimpinan memiliki beberapa implikasi:
1)        Kepemimpinan berarti melibatkan orang atau pihak lain, yaitu para karyawan dan bawahan (followers)
2)        Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang yang dengan kekuasaannya mampu menggugah pengikutnya untuk mencapai kinerja yang memuaskan.

2.Tipe-tipe Dasar Kepemimpinan
1)        Kepemimpinan otoriter : sangat mengandalkan kedudukannya / kekuasaannya sebagai pemimpin
2)        Kepemimpinan laizes-faire : pemimpin yang keberadaannya haya sebagai lambang.
3)        Kepemimpinan demokratis : mengutamakan kerjasama antara atasan dan bawahan
4)        Kepemimpinan pseudo-demokratis : nampak seperti demokratis tetapi semu karena tetap otoriter dan demi kepentingan kelompok tertentu saja.

3. Syarat dan Prinsip Proses Kepemimpinan Pendidikan
Adapun syarat-syarat kepemimimpinan sebagai berikut:
Ø  Problem solver
Seorang pemimpin dituntut mampu membuat keputusan penting dan mencari jalan keluar dari permasalahan.
Ø  Bersikap positif
Setiap orang tidak luput dari kesalahan, jika hal ini menimpa anak buah anda jangan langsung mencercanya dengan segudang omelan. Selidiki latar belakang permasalahan sehingga anda bisa bersikap proporsional.
Ø  Komunikasi
Sebagai pemimpin anda perlu menerangkan sejelas mungkin tentang tujuan bersama yang hendak diraih dan strategi meraihnya. Bekali anak buah dengan penilaian terhadap hasil kerjanya selama ini sehingga mereka bisa belajar cara melakukan tugas dengan benar. Pelihara komunikasi dua arah dengan bawahan dan mintalah feedback dari mereka setiap kali anda meluncurkan kebijakan baru.
Ø  Menjadi inspirasi
Seorang pemimpin harus bisa menerapkan standar dan jadi contoh bagi anak buahnya. Jadilah inspirasi bagi bawahan. Update benak anda dengan info terkini, tidak pelit membagi pengalaman dan patuhi peraturan yang anda buat sendiri.
Ø  Tumbuhkan motivasi
Berikan penghargaan terhadap prestasi sekecil apapun yang dilakukan anak buah anda. Bahkan karyawan yang paling telat sekalipun akan berusaha memperbaiki diri apabila anda memujinya ketika ia datang tepat waktu.
Ø  Hubungan baik
Jalin hubungan personal dan interpersonal yang harmonis dengan anak buah.
Ø  Turun lapangan
Seorang pemimpin akan dihargai anak buahnya apabila ia bersedia turun ke lapanagan tak asal main perintah.

4.Analisis Komponen Kepemimpinan
1.      Unsur-unsur Kepemimpinan
Proses kepemimpinan dapat berjalan jika memenuhi unsur-unsur sbb.:
·         Ada yang memimpin.
·         Ada yang dipimpin.
·         Ada kegiatan pencapaian tujuan.
·         Ada tujuan / target sasaran.
2.      Aspek personalitas dalam kepemimpinan pendidikan
·         Memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada orang-orang yang dipimpinnya dalam bidang pendidikan (Elsbree, 1967).
·         Memiliki keinginan yang terus-menerus untuk belajar menyesuaikan kemampuan dengan perkembangan dan tujuan organisasi yang dipimpinnya.
3.      Kemampuan Personality Kepemimpinan Pendidikan
Beberapa sifat yang dapat mendukung keberhasilan KS dalam menggalang hubungan dengan orang-orang yang dipimpinnya: Bersahabat, Responsif Antusias, Berani/bebas dari rasa takut dan bimbang,Murah hati, Percaya diri, Spontan, Menerima.
4.      Sifat Kepribadian Pemimpin yang Efektif
Memiliki visi kedepan yang jelas, Konseptualis, Memanfaatkan pengalaman yang lalu, Kesadaran akan segala kemungkinan yang akan terjadi (antisipatif),  Mengutamakan kebenaran informasi, Arsitek sosial, Mengenal dengan baik dirinya sendiri.

5.   Hakekat Kepemimpinan Pendidikan
·         Kepemimpinan pendidikan pada hakekatnya merupakan produk situasional. Kepemimpinan praktik kepemimpinan di sekolah banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor situasi.
·         Kepemimpinan yang berhasil adala kepemimpinan yang dapat memnuhi kebutuhan situasi dan dapat memilih / menerapkan teknik atau gaya kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan situasi tersebut.

6.      Berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepemimpinan antara lain:
·         Karakteristik orang yang dipimpin.
·         Pekerjaan lingkungan sekolah.
·         Kultur atau budaya setempat.
·         Kepribadian kelompok.
·         Waktu yang dimiliki oleh sekolah
7.      Tingkat perkembangan guru yang mempengaruhi keberhasilan keepemimpinan di sekolah.
·         P4 = tingkat perkembangan guru tinggi. Mereka memiliki kemampuan dan kemauan melaksanakn tugasnya.
·         P3 = tingkat perkembangan guru pada taraf sedang ke tinggi. Ditandai dengan adanya kemampuan tetapi tidak mau atau kurang yakin dengan apa yang dikerjakannya.
·         P2 = tingkat perkembangan pada taraf rendah ke-sedang. Ditandai dengan tidak adanya kemampuan tetapi ada kemauan untuk bekerja
·         P1 = tingkat perkembangan rendah. Tidak adanya kemampuan dan tidak ada kemauan untuk melaksanakan tugas dan selalu merasa kurang yakin dengan apa yang dikerjakannya.
8.      Gaya-gaya Kepemimpinan
a.     instruktif (untuk P1).
Perilaku pemimpin ada pada kadar direktif yang tinggi tetapi suporting yang rendah. Ia lebih banyak memberikan arahan dan pengawasan yang ketat kepada bawahan.
b.   Konsultasi (untuk P2).
Pemimpin memberikan arahan tinggi 9intensif0 dan memberi suporting yang tinggi pula untuk mendukung kemauan yang dimiliki orang-orang yang dipimpinnya. 
c.    Partisipasi (untuk P3).
Pemimpin berusaha mendorong orang-orang yang dipimpinnya untuk menggunakan kemampuan yang dimiliki secara optimal. Seiring dengan meningkatnya kemampuan orang yang dipimpin, pemimpin lebih banyak bertukar pikiran/pandangan dan memberi kesempatan kepada bawahan untuk mengambil keputusan.



[1] George Terry. Manajemen. Hlm : 3



DAFTAR PUSTAKA
Usman, Husaini. 2006. Manajemen: Teori Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rubbins, Stephen P. 1994. Teori Desain dan Aplikasi. Jakarta: Arean.
Pidarta, Made. Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.
Pokja Tenaga Pengawas. 2006. Manajemen Pengembangan Tenaga Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar