DAFTAR ISI
I.
KOMPONEN DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN........................................... 1
A.
Pengertian Manajemen............................................................................................... 1
B.
Pengertian Pendidikan............................................................................................... 2
C.
Definisi Manajemen Pendidikan................................................................................ 3
D.
Pengertian Manajemen
Pendidikan........................................................................... 3
E.
Peran Manajer............................................................................................................ 3
F.
Tujuan Dan Manfaat Manajemen pendidikan........................................................... 3
G.
Keterampilan Manajeria............................................................................................. 4
H.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Manajemen Pendidikan....................... 4
II.
RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN............................................... 5
A.
Ruang Lingkup Menurut Wilayah Kerja.................................................................... 5
B.
Ruang Lingkup Menurut Fungsi/Ukuran.................................................................... 5
III.
MANAJEMEN MENURUT OBJEK GARAPAN.................................................... 7
A.
Manajemen Siswa....................................................................................................... 7
B.
Manajemen Personalia.............................................................................................. 11
C.
Manajemen Kurikulum............................................................................................. 11
D.
Manajemen Sarana
Dan Materi................................................................................. 11
E.
Manajemen Tata Laksana......................................................................................... 12
F.
Manajemen Pembayaran........................................................................................... 12
G.
Manajemen Lembaga
Pendidikan............................................................................. 12
H.
Manajemen Humas/Kehumasan................................................................................ 12
IV.
FUNGSI MANAJEMEN ............................................................................................ 13
A.
Fungsi Manajemen Menurut beberapa ahli............................................................... 13
B.
Pengertian-pengertian............................................................................................... 15
V.
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
PENDIDIKAN............................................. 19
A.
Manajemen Lembaga Pendidikan............................................................................. 19
B.
Organisme Pendidikan.............................................................................................. 19
C.
Organisasi Sebagai Sistem Terbuka.......................................................................... 19
D.
Keaktifan Keorganisasi............................................................................................. 19
E.
Hubungan Organisasi Dengan Lingkungan.............................................................. 20
VI.
SUPERVISI ................................................................................................................. 21
A.
Pengertian Supervisi................................................................................................. 21
B.
Tujuan & Jenis Kegiatan Supervisi........................................................................... 21
C.
Peranan Supervisi Pendidikan.................................................................................. 22
D.
Prinsip-Prinsip Supervisi........................................................................................... 23
E.
Alat Bantu Supervisi Pendidikan............................................................................. 23
F.
Hubungan Antara Administrasi Dan Supervisi........................................................ 23
VII.
PROSES SUPERVISI PENDIDIKAN...................................................................... 25
A.
Komponen Dan Proses Supervisi.............................................................................. 25
B.
Perencanaan Supervisi.............................................................................................. 26
VIII.
TEKNIK SUPERVISI................................................................................................. 28
A.
Fungsi Teknik Dalam Supervisi................................................................................ 28
B. Kunnjungan Kelas Sebagai Teknik Supervisi........................................................... 29
C. Pertemuan Terjadi Dalam Rangka Supervisi............................................................ 29
D.
Rapat Stap................................................................................................................ 30
E.
Teknik-Teknik Peningkatan...................................................................................... 30
IX.
SUPERVISI DALAM PENAMPILANNYA............................................................... 31
A.
Peranan Supervisi...................................................................................................... 31
B.
Supervisor Sebagai Pemimpin................................................................................... 32
C.
Supervisior Sebagai Evaluator.................................................................................. 32
D.
Supervisor Sebagai Pembina..................................................................................... 32
E.
Supervisor Sebagai Kominikator.............................................................................. 32
X.
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN.............................................................................. 34
1.
Pengertian Kepemimpinan pendidikan..................................................................... 34
2.
Tipe-tipe dasar Kepemimpinan................................................................................. 34
3.
Syarat dan prinsip proses
Kepemimpinan pendidikan.............................................. 34
4.
Analisis Komponen Kepemimpinan......................................................................... 35
XI.
PENUTUP..........................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................
TUGAS TERSTRUKTUR.................................................................................................
BAB I : KOMPONEN DASAR
MANAJMEN PENDIDIKAN
A. Pengertian Manajemen
Kata manajemen
di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus,
mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Berikut pengertian
manajemen menurut beberapa ahli :
- Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. ( Drs. Oey Liang Lee )
- Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan. ( James A.F. Stoner)
- Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. (George Terry )[1]
- Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.(Lawrence A. Appley)
- Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (Horold Koontz dan Cyril O’donnel )
Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen,
namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa
kita jadikan pegangan adalah :
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari
rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan
yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya”
B.pengertian Pendidikan
Menurut kamus Bahasa
Indonesia Kata pendidikan berasal dari kata ”didik” dan mendapat imbuhan “pe” dan akhiran “an”, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau
perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan
sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan
manusia melalui upaya
pengajaran dan pelatihan.
Menurut Ki Hajar
Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di
dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun
segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia
dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan
setinggi-tingginya.
Jadi Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik
melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di
masa yang akan datang.
C.Pengertian Manajemen
Pendidikan
Manajemen pendidikan adalah suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai
sumber daya pendidikan seperti guru,
sarana dan pra sarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium dan
sebagainya untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan, yaitu mencerdaskan
generasi penerus bangsa, meningkatkan kemampuan kinerja sumber daya manusia,
yang mana manusia beriman dan bertqwa terhadap Allah SWT dan bebudi pekerti
yang luhur, bermoral,dan memiliki pengetahuan dan berwawasan seperti langit dan
keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, keperibadian yang mantap dan
mandiri serta rasa tanggung jawab terhadap bangsa,negara dan agama.
Berikut ini pengertian Manajemen menurut beberapa ahli
Pengertian manajemen Pendidikan
|
Pendapat
|
Administrasi
pendidikan dapat diartikan sebagai keseluruhan proses kerjasama dengan
memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk
mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien…
|
Djam’an Satori, (1980:
4)
|
Dalam
pendidikan, manajemen itu dapat diartikan sebagai aktivitas memadukan
sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan
yang telah ditentukan sebelumnya
|
Made Pidarta, (1988:4)
|
Manajemen
pendidikan ialah proses perencanaan, peng-organisasian, memimpin,
mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan
pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi
pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, kesehatan jasmani dan
rohani, kepribadian yang mantap, mandiri, serta bertanggung jawab
kemasyarakat dan kebangsaan
|
Biro Perencanaan
Depdikbud, (1993:4)
|
educational
administration is a social process that take place within the context of
social system
|
Castetter. (1996:198)
|
Manajemen
pendidikan dapat didefinisikan sebagi proses perencanaan, pengorganisasian,
memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk
mencapai tujuan pendidikan…
|
Soebagio Atmodiwirio.
(2000:23)
|
Manajemen
pendidikan ialah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana
menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai
tujuan yang disepakati bersama
|
Engkoswara (2001:2)
|
Jadi, Secara sederhana manajemen pendidikan adalah suatu lapangan dari
studi dan praktik yang terkait dengan organisasi pendidikan. Sehingga
diharapkan melalui kegiatan manajemen pendidikan tersebut, tujuan pendidikan
dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien
D. Definisi Manajemen
Pendidikan
Manajemen pendidikan dapat di definisikan sebagai seni dan ilmu untuk
mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan sepiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya,
masyarakat, agama dan negara. Manajemen pendidikan dapat di artikan pula
sebagai seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan mencapai tujuan
pendidikan secara efektif dan efisien.
Maksud dari definisi
tersebut adalah bahwa manajemen pendidikan di jadikan sebagai suatu seni dan
ilmu yang dimanfaatakan untuk dapat mengelola sumber daya agar peserta didik
yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar tersebut mampu mengembangkan
potensi dirinya secara aktif.
E. Tujuan Dan Manfaat Manajemen Pendidikan
Tujuan dan manfaat manajemen pendidikan antara lain :
1.
Terwujudnya PBM yang PAKEMB (bermakna)
2.
Peserta didik yang aktif mengembangkan
dirinya
3.
Memiliki kompetensi manajerial
4.
Tercapai tujuan pendidikan secara efektif
& efisien
5.
Teratasinya masalah mutu pendidikan
6.
Perencanaan pendidikan merata, bermutu,
relevan & akuntabel
7.
Meningkatnya citra positif pendidikan
F. Peranan
Manajer
Setiap perusahaan memiliki manajemen yang
memegang berbagai peranan penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai
tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama. Ada banyak peran yang harus
dimainkan / diperankan para manajer secara seimbang sehingga diperlukan
orang-orang yang tepat untuk menjalankan peran-peran tersebut. Untuk itu,
peranan manajer sangat diharapkan dapat memacu laju perkembangan suatu
perusahaan.
Peranan yang dimainkan oleh manajer terbagi
menjadi tiga, yaitu:
1. Peran antarpribadi
Merupakan peran yang melibatkan orang dan
kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi :
a. Figur Head (lambang/simbol),nilai-nilai yang diberikan harus bersifat
positif, baik ucapan,tindakan maupun penampilan.
b. Lieder, yaituharus mempunyai kemampuan dalam mengembangkan sumber
daya-sumber daya.
c. Liacson, yaitu adanya hubungan antara yang satu dengan yang lain.
2. Peran informasional meliputi :
a.
Monitor, yakni sebagai
pencari informasi dan sebagai sumber ibformasi
b.
Desiminator, yaitu sebagai
penyalur atau mendistribusikan
informasi.
c.
Spoken person, yakni orang
yang mampu mempengaruhi orang lain atau dia sebagai orator.
3. Peran pengambilan keputusan
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran
sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan
perunding.
G. Keterampilan Manajeria
Ada tiga
macam keterampilan manajer yang diperlukan dalam manajemen, yaitu keterampilan
konsep, keterampilan manusiawi dan keterampilan teknik.
Ketrampilan
konsep adalah keterampilan untuk memahami dan mengoprasikan organisasi,
kemudian keterampilan manusiawi ialah keterampilan untuk bekerja sama,
memotivasi dan mengarahkan, sedangkan keterampilan teknik ialah keterampilan
dalam menggunakan pengetahuan, metode, teknik dan perlengkapan untuk
menyelesaikan tugas tertentu. Adapun tiga knsep tersebut yakni :
a. Ketrampilan Konsep
Untuk memiliki kemampuan manajer terutama keterampilan konsep, para manajer
tertinggi di harapkan :
a. Selalu belajar dari pekerjaan sehari-hari terutama dari cara kerja para
bawahan.
b. Melakukan observasi secara terencana tentang kegiatan-kegiatan manajemen.
c. Banyak membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang
dilaksanakan
d. Memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang lain.
e. Berfikir untuk masa yang akan datang.
b. Keterampilan Manusiawi
Keberhasilan para manajer pendidikan, memotivasi para bawahanya tergantung
pada :
a.
Motivasi yang dimiliki oleh
masing-masing bawahan.
b.
Ketetapan presepsi manajer terhadap
kebutuhan para bawahan.
c.
Hubungan manajer dengan para bawahan.
d.
Efektifitas proses komunikasi.
c. Keterampilan Teknik (technical
skill)
Teknik-teknik para manajer
antara lain dapat berupa :
a. Persiapan yang diperlukan oleh para siswa/mahasiswa sebelum program di
mulai.
b. Pengarahan tata tertib dan cara belajar.
c. Jadwal belajar diperusahaan/industri agar tidak bentrok dengan lembaga.
H. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manajer Dalam
Pendidikan
Secara
Filosofis, perilaku manusia terbentuk oleh intraksi antara manusia.
Faktor yang memepengaruhi perilaku manajer pendidikan
antara lain :
a. Faktor heraditi (keturunan), faktor ini memiliki berbagai pandangan tentang
bisa atau tidak bisa, faktor heraditi dapat mempengaruhi perilaku manajer.
b. Faktor lingkungan, faktor ini sangat mempengaruhi perilaku manajer,
tergantung pada lingkungan tempat tinggal.
c. Faktor organisasi pendidikan, di mana faktor ini sangat berpengaruh
terhadap perilaku manajer untuk menjadi lebih baik.
d. Sistem pendidikan nasional, faktor ini tergantung pada mutu sistem
pendidikan yang di terapkan pemerintah
BAB II : RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN
A.Ruang Lingkup Menurut
Wilayah Kerja
System
pendidikan di Negara Republik Indonesia adalah system sentralisasi.
Kebijaksanaan pendidikan dilakukan oleh pemerintah pusat. Menteri pendidikan
dan kbudayaan merupakan pejabat yang memikul tanggung jawab kebijaksanaan dan
pelaksanaan pendidikan di seluruh Indonesia. Sebagai pembantu pelaksana
kebijaksanaan tersebut adalah pejabat-pejabat yang tersebar diseluruh propinsi,
disetiap kabupaten kecamatan, serta unit-unit kerja. Bersdasarka tinjauan
wilayah kerja tersebut maka ruang lingkup menajemen pendidikan dibagi menjadi:
a.
Manajemen pendidikan seluruh Negara, yaitu menajemen pendidikan
untuk urusan nasional, yang ditangani dalam lingkup ini bukan
hanya pelaksanaan pendidikan disekolah saja tetapi juga pendidikan di
luar sekolah, pendidikan pemuda, penyelenggaran latihan, penelitian,
pengembangan masalah-masalah pendidikan, serta meliputi pola kebudayaan dan
kesenian.
b.
Manajemen pendidikan satu propinsi, yaitu manajemen pendidikan yang
meliputi wilayah kerja satu propinsis yang pelaksanaanya dibantu lebih lanjut
oelh petugas manejemen pendiidkan di kabupaten dan kecamatan.
c.
Manajemen pendiidkan satu kebu[aten atau kota, yaitu menejemen
penididikan yang meliputi wilayah kerja saut kabupaten atau kota, meliputi
semua urusan pendiidkan memuat jenjang dan jenis.
d.
Manejmen pendiidkan satu unit kerja. Pengeritan dalam manajemen
unit ini lebih ditiitk beratkan pada satu unit kerja yang langsung menangani
pekerjaan mendidik; sekolah, pusat latihan, pusat pendidikan, dan
kursusu-kursus. Dengan demikian, cirri dari unit ini adalah adanya :
1.
Pemberi pelajaran
2.
Bahan yang diajarkan
3.
Penerima pelajaran, ditambah semua sarana penunjangnya.
e.
Manajemen kelas, sebagai suatu kesatuan kegiatan terkecil dalam
usaha pendidikan yang justru merupakan “ dapur ini” dari seluruh jenis menjemen
pandidikan. Dalam manejemen kelas inlah kemudian terdapat istilah “pengerlolaan
kelas” baik yang bersifat instruksional maupun managerial
B.Ruang Lingkup Menurut
Fungsi Atau Ukuran
Fungsinya
manajemen ini adalah merencanakan,
mengorganisasikan, mengarahkan mengkoordinasikan, mengkomunikasikan, mengawasi, mengevaluasi. Henry Fayol
menyebutkan fungsi manajemen ini atas 7 jenis kegiatan, yaitu planning,
organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, dan budgeting.
Ruang Lingkup
manajemen Pendidikan menurut fungsi atau urutsn tampak pada di bawah ini :
Fungsi
Manajemen
Sumber Daya
|
PLANNING
|
ORGANIZING
|
ACTUITING
|
CONTROLING
|
Man
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Money
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Methods/media
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Material
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Machines
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Minutes
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Marketing
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Informasi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
BAB III. MANAJEMEN MENURUT OBJEK GARAPAN
A.Manajemen Kesiswaan
a. Ruang Lingkup Manajemen SiswaSekolah adalah suatu tempat yang semua orang
mestinya menggunakannya. Bagi seorang anak, sekolah adalah dunia, lingkungan
kedua, yang memberi arah perkembangan dan kematangan. Sekolah merupakan tempat
untuk menentukan masa depan anak, karena di sekolah inilah anak mencari ilmu
untuk bekal hidup. Oleh karena itu sekolah ini harus diatur, disusun, dikelola
sedemikian rupa sehingga memenuhi harapan. Pengelolaan sekolah untuk memperoleh
suasana khusus yang diharapkan meliputi beberapa kegiatan yang dihubungkan
dengan administrasi. Seorang ahli dari AS bernama L. Gulick mengemukakan adanya
tujuh unsur administrasi seperti disebutkan buku Administrasi Pendidikan yaitu:
1 Perencanaan (Planning)
2 Pengorganisasian (Organizing)
3 Kepegawaian (staffing)
4 Pengarahan (Directing)
5 Pengkoordinasian (Coordinating)
6 Pengawasan (Controling)
7 Pelaporan (Repoting)
Selanjutnya dikemukakan pula apa yang menjadi sasaran atau bidang garapan Administrasi Pendidikan, yaitu:
1 Administrasi kurikulum
2 Administrasi Murid
3 Administrasi Personal
4 Administrasi materiil
5 Administrasi keuangan
6 Administrasi perumah sekolah
Di dalam administrasi siswa, yang selanjutnya disebut dengan pengelolaan siswa, siswa dibicarakan sebagai anggota masyarakat sekolah. Sebagai anggota masyarakat, mereka mempunyai hak dan kewajiban.
Hak siswa:
• Menerima pelajaran
• Mengikuti kegiatan yang diadakan sekolah
• Menggunakan semua fasilitas yang ada
• Memperoleh bimbingan dan sebagainya
Kewajiban siswa:
• Hadir pada waktunya
• Mengikuti pelajaran dengan tertib
• Mengikuti ulangan, atau kegiatan-kegiatan lain yang ditentukan oleh sekolah
• Menaati tata-tertib dan peraturan yang berlakunya, dan sebagainya.
Jadi yang peting, di dalam pengelolaan siswa ini dibahas tentang hak dan kewajiban siswa. Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan alat berbentuk buku, formulir, daftar dan sebagainya yang harus dikerjakan secara teratur.
Kelompok manajemen siswa dapat diidentifikasikan melalui proses masuknya siswa di sekolah sampai keluar atau tamat. Manajemen siswa dapat digolongkan dalam lima kegiatan, yaitu:
1. Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan siswa baru merupakan peristiwa penting bagi suatu sekolah, karena peristiwa ini merupakan titik awal yang menentukan kelancaran tugas suatu sekolah. Kesalahan dalam penerimaan siswa baru dapat menentukan sukses tidaknya usaha pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Kapan penerimaan siswa baru dilakukan? Oleh karena penerimaan siswa baru bukanlah hal yang ringan. Maka menjelang tahun ajaran baru proses penerimaan siswa baru harus sudah selesai. Untuk itu penunjukan panitia penerimaan siswa baru telah dilakukan oleh kepala sekolah sebelum tahun ajaran berakhir. Panitia penerimaan siswa baru sifatnya tidak tetap, dia akan dibubarkan jika tugasnya telah selesai.
Tugas panitia penerimaan :
a. Menentukan banyak siswa yang diterima
Biasanya siswa baru diterima hanya untuk kelas 1. Akan tetapi apabila masih ada tempat untuk kelas-kelas lain atau karena perluasan, dapat juga diterima untuk siswa baur dikelas 2 dan 3. Penentuan banyak siswa yang diterima tergantung dari daya tamping untuk tahun tersebut. Rumus untuk daya tampung adalah :
Dt=(B x M - TK)
Dt : daya tampung
B : banyak bangku yang ada
M : muatan bangku
TK: banyak siswa yang tinggal kelas
b. Mementukan syarat-syarat penerimaan siswa baru
Syarat-syarat tersebut antara lain:
1) Umur sesuai dengan tingkat sekolah
TK tingkat AØ umur 3 – 4 tahun
TK tingkat B umur 4 – 5 tahun
TK tingkat C umur 5 – 6 tahun
Sekolah Dasar prioritas umur 7 tahun
Jika masih ada tempat, urutan penerimaan sebagai berikut: 8 tahun, 9 tahun, 10 tahun, 11 tahun, 12 tahun, 16 tahun.
SLTPØ umur 11 – 17 tahun
SMU/SMKØ umur 14 – 17 tahun
2) Salinan surat tanda tamat belajar
3) Salinan rapor kelas tertinggi
4) Mengisi formulir yang disediakan
5) Salinan surat kelahiran, surat kelakuan baik, surat kesehatan
6) Membayar uang pendaftaran
c. Melaksanakan Penyaringan
Untuk sekolah-sekolah yang merupakan kelanjutan dari sekolah lain, kegiatan penyaringan bukanlah yang penting karena:
1 Perencanaan (Planning)
2 Pengorganisasian (Organizing)
3 Kepegawaian (staffing)
4 Pengarahan (Directing)
5 Pengkoordinasian (Coordinating)
6 Pengawasan (Controling)
7 Pelaporan (Repoting)
Selanjutnya dikemukakan pula apa yang menjadi sasaran atau bidang garapan Administrasi Pendidikan, yaitu:
1 Administrasi kurikulum
2 Administrasi Murid
3 Administrasi Personal
4 Administrasi materiil
5 Administrasi keuangan
6 Administrasi perumah sekolah
Di dalam administrasi siswa, yang selanjutnya disebut dengan pengelolaan siswa, siswa dibicarakan sebagai anggota masyarakat sekolah. Sebagai anggota masyarakat, mereka mempunyai hak dan kewajiban.
Hak siswa:
• Menerima pelajaran
• Mengikuti kegiatan yang diadakan sekolah
• Menggunakan semua fasilitas yang ada
• Memperoleh bimbingan dan sebagainya
Kewajiban siswa:
• Hadir pada waktunya
• Mengikuti pelajaran dengan tertib
• Mengikuti ulangan, atau kegiatan-kegiatan lain yang ditentukan oleh sekolah
• Menaati tata-tertib dan peraturan yang berlakunya, dan sebagainya.
Jadi yang peting, di dalam pengelolaan siswa ini dibahas tentang hak dan kewajiban siswa. Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan alat berbentuk buku, formulir, daftar dan sebagainya yang harus dikerjakan secara teratur.
Kelompok manajemen siswa dapat diidentifikasikan melalui proses masuknya siswa di sekolah sampai keluar atau tamat. Manajemen siswa dapat digolongkan dalam lima kegiatan, yaitu:
1. Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan siswa baru merupakan peristiwa penting bagi suatu sekolah, karena peristiwa ini merupakan titik awal yang menentukan kelancaran tugas suatu sekolah. Kesalahan dalam penerimaan siswa baru dapat menentukan sukses tidaknya usaha pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Kapan penerimaan siswa baru dilakukan? Oleh karena penerimaan siswa baru bukanlah hal yang ringan. Maka menjelang tahun ajaran baru proses penerimaan siswa baru harus sudah selesai. Untuk itu penunjukan panitia penerimaan siswa baru telah dilakukan oleh kepala sekolah sebelum tahun ajaran berakhir. Panitia penerimaan siswa baru sifatnya tidak tetap, dia akan dibubarkan jika tugasnya telah selesai.
Tugas panitia penerimaan :
a. Menentukan banyak siswa yang diterima
Biasanya siswa baru diterima hanya untuk kelas 1. Akan tetapi apabila masih ada tempat untuk kelas-kelas lain atau karena perluasan, dapat juga diterima untuk siswa baur dikelas 2 dan 3. Penentuan banyak siswa yang diterima tergantung dari daya tamping untuk tahun tersebut. Rumus untuk daya tampung adalah :
Dt=(B x M - TK)
Dt : daya tampung
B : banyak bangku yang ada
M : muatan bangku
TK: banyak siswa yang tinggal kelas
b. Mementukan syarat-syarat penerimaan siswa baru
Syarat-syarat tersebut antara lain:
1) Umur sesuai dengan tingkat sekolah
TK tingkat AØ umur 3 – 4 tahun
TK tingkat B umur 4 – 5 tahun
TK tingkat C umur 5 – 6 tahun
Sekolah Dasar prioritas umur 7 tahun
Jika masih ada tempat, urutan penerimaan sebagai berikut: 8 tahun, 9 tahun, 10 tahun, 11 tahun, 12 tahun, 16 tahun.
SLTPØ umur 11 – 17 tahun
SMU/SMKØ umur 14 – 17 tahun
2) Salinan surat tanda tamat belajar
3) Salinan rapor kelas tertinggi
4) Mengisi formulir yang disediakan
5) Salinan surat kelahiran, surat kelakuan baik, surat kesehatan
6) Membayar uang pendaftaran
c. Melaksanakan Penyaringan
Untuk sekolah-sekolah yang merupakan kelanjutan dari sekolah lain, kegiatan penyaringan bukanlah yang penting karena:
• Peminat untuk sesuatu
sekolah melebihi tempat yang disediakan
• Kadang-kadang perlu dilakukan penelusuran bakat atau kemampuan tertentu
• Nilai pelajaran atau ujian akhir di sekolah yang lebih rendah belum menjamin bahwa lulusannya mampu mengikuti pelajaran di suatu sekolah lanjutan.
Penyaringan siswa baru didasarkan pada:
• Atas pertimbangan target
• Atas pertimbangan nilai atau tingkat kemampuan yang telah diterapkan
d. Mengadakan pengumuman penerimaan
e. Mendaftar kembali calon yang sudah di terima
f. Melaporkan hasil pekerjaan pada kepala sekolah
2. Ketatausahaan Siswa
Sebagai tindak lanjut dari penerimaan siswa baru maka proses selanjutnya adalah menjadi tugas tata usaha sekolah untuk memproses siswa tersebut dalam catatan-catatan sekolah. Catatan-catatan sekolah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Catatan-catatan untuk seluruh sekolah
1) Buku induk, yaitu yang digunakan untuk mencatat data semua anak yan pernah dan sedang mengikuti pelajaran di suatu sekolah. Catatan dalam buku induk meliputi nomor urut, nomor induk (sesuai tanggal mendaftar) nama, jenis kelamin, tanggal lahir, nama orang tua, pekerjaaan orang tua, alamat orang tua/ wali, tanggal keluar atau meninggalkan sekolah dan kolom keterangan.
2) Buku klapper, yaitu buku pelengkap buku induk yang ditulis menurut abhad dan berfungsi untuk membantu petugas dalam mencari data dari buku induk. Hal-hal yang dimuat dalam buku klapper adalah nomor induk, nama, nama orang tua/ wali, alamat orang tua/ wali. Penentuan nama dan alamat orang tua/ wali adalah untuk membantu petugas jika ternyata ada nama anak yang sama.
3) Catatan-catatan sekolah, yaitu catatan atau peraturan yang bukan hanya diperlukan bagi siswa saja tetapi juga untuk guru dan karyawan lain. Tata tertib siswa adalah suatu peraturan untuk mengatur sikap anak-anak di dalam satu sekolah (departemen kpendidikan dan kebudayaan). Fungsi tata tertib bersifat ganda. Pertama untuk anak-anak itu sendiri agar secara individual sikapnyaa baik. Kedua, mengatur agar pergaulan di sekolah itu teratur, tidak ada yang berkelakuan dan bersifat semaunya sendiri sehingga tidak kekacauan di sekolah.
b. Catatan-catatan untuk masing-masing sekolah
Catatan-catatan untuk masing-masing kelas meliputi :
1) Buku kelas (cuplikan buku induk)
2) Buku presensi kelas yang diisi setiap hari dan pada akhir bulan dihitung presentasi absensinya.
3) Buku-buku lain mengenai catatan prestasi eblajar dan bimbingan penyuluhan.
3. Pencatatan Bimbingan Dan Penyuluhan Siswa
Saat ini hampir semua kelas menengah telah memiliki tenaga yang bertugas melaksanakan bimbingan dan penyuluhan, karena telah disadari peranannya dalam menunjang dalam keberhasilan belajar siswa. Apakah arti bimbingan dan penyuluhan itu?
Bimbingan adalah bantuan atau tuntunan khusus yang diberikan pada siswa dengan memperhatikan potensi-potensi yang ada pada siswa tersebut agar dapat berkembang semaksimal mungkin. Penyuluhan adalah interaksi antarpribadi pembimbing dan terbimbing untuk membicarakan masalah terbimbing untuk mendapatkan pemecahan. Istilah lain dari penyuluhan adalah konseling.
Ada empat jenis bimbingan di sekolah:
a. Bimbingan belajar
Bertujuan membantu mengenal, memahami cara belajar yang efisien dan efektif, tertib dan disiplin belajar baik secara mandiri maupun kelompok dsb
b. Bimbingan pribadi
Bertujuan membantu siswa mengenal, menemukan pribadi yang beriman dan bertakwa pada tuhan yang maha esa, madiri, bertanggung jawab, memiliki konsep pribadi, menghargai keunikan kemampuan diri, serta sehat jasmani dan rohani.
• Kadang-kadang perlu dilakukan penelusuran bakat atau kemampuan tertentu
• Nilai pelajaran atau ujian akhir di sekolah yang lebih rendah belum menjamin bahwa lulusannya mampu mengikuti pelajaran di suatu sekolah lanjutan.
Penyaringan siswa baru didasarkan pada:
• Atas pertimbangan target
• Atas pertimbangan nilai atau tingkat kemampuan yang telah diterapkan
d. Mengadakan pengumuman penerimaan
e. Mendaftar kembali calon yang sudah di terima
f. Melaporkan hasil pekerjaan pada kepala sekolah
2. Ketatausahaan Siswa
Sebagai tindak lanjut dari penerimaan siswa baru maka proses selanjutnya adalah menjadi tugas tata usaha sekolah untuk memproses siswa tersebut dalam catatan-catatan sekolah. Catatan-catatan sekolah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Catatan-catatan untuk seluruh sekolah
1) Buku induk, yaitu yang digunakan untuk mencatat data semua anak yan pernah dan sedang mengikuti pelajaran di suatu sekolah. Catatan dalam buku induk meliputi nomor urut, nomor induk (sesuai tanggal mendaftar) nama, jenis kelamin, tanggal lahir, nama orang tua, pekerjaaan orang tua, alamat orang tua/ wali, tanggal keluar atau meninggalkan sekolah dan kolom keterangan.
2) Buku klapper, yaitu buku pelengkap buku induk yang ditulis menurut abhad dan berfungsi untuk membantu petugas dalam mencari data dari buku induk. Hal-hal yang dimuat dalam buku klapper adalah nomor induk, nama, nama orang tua/ wali, alamat orang tua/ wali. Penentuan nama dan alamat orang tua/ wali adalah untuk membantu petugas jika ternyata ada nama anak yang sama.
3) Catatan-catatan sekolah, yaitu catatan atau peraturan yang bukan hanya diperlukan bagi siswa saja tetapi juga untuk guru dan karyawan lain. Tata tertib siswa adalah suatu peraturan untuk mengatur sikap anak-anak di dalam satu sekolah (departemen kpendidikan dan kebudayaan). Fungsi tata tertib bersifat ganda. Pertama untuk anak-anak itu sendiri agar secara individual sikapnyaa baik. Kedua, mengatur agar pergaulan di sekolah itu teratur, tidak ada yang berkelakuan dan bersifat semaunya sendiri sehingga tidak kekacauan di sekolah.
b. Catatan-catatan untuk masing-masing sekolah
Catatan-catatan untuk masing-masing kelas meliputi :
1) Buku kelas (cuplikan buku induk)
2) Buku presensi kelas yang diisi setiap hari dan pada akhir bulan dihitung presentasi absensinya.
3) Buku-buku lain mengenai catatan prestasi eblajar dan bimbingan penyuluhan.
3. Pencatatan Bimbingan Dan Penyuluhan Siswa
Saat ini hampir semua kelas menengah telah memiliki tenaga yang bertugas melaksanakan bimbingan dan penyuluhan, karena telah disadari peranannya dalam menunjang dalam keberhasilan belajar siswa. Apakah arti bimbingan dan penyuluhan itu?
Bimbingan adalah bantuan atau tuntunan khusus yang diberikan pada siswa dengan memperhatikan potensi-potensi yang ada pada siswa tersebut agar dapat berkembang semaksimal mungkin. Penyuluhan adalah interaksi antarpribadi pembimbing dan terbimbing untuk membicarakan masalah terbimbing untuk mendapatkan pemecahan. Istilah lain dari penyuluhan adalah konseling.
Ada empat jenis bimbingan di sekolah:
a. Bimbingan belajar
Bertujuan membantu mengenal, memahami cara belajar yang efisien dan efektif, tertib dan disiplin belajar baik secara mandiri maupun kelompok dsb
b. Bimbingan pribadi
Bertujuan membantu siswa mengenal, menemukan pribadi yang beriman dan bertakwa pada tuhan yang maha esa, madiri, bertanggung jawab, memiliki konsep pribadi, menghargai keunikan kemampuan diri, serta sehat jasmani dan rohani.
c. Bimbingan karir/ bimbingan menelusuri kemampuan untuk memperoleh
kesempatan kerja
Ditujukan untuk mengenal untuk memahami dan mengembangkan potensi diri dalam mempersiapkan masa depan.
Ditujukan untuk mengenal untuk memahami dan mengembangkan potensi diri dalam mempersiapkan masa depan.
d. bimbingan sosial Bertujuan membantu siswa memahami diri kaitannya dengan lingkungan social
dan sekitarnya.
Ke empat bimbingan tersebut dilaksanakan melalui tujuh jenis kegiatan
pelayanan yaitu:
• Layanan orientasi
• Layanan orientasi
• Layanan informasi
• Layanan penempatan
dan penyaluran
• Layanan pembelajaran
• Layanan konseling
perorangan
• Layanan bimbingan
kelompok
• Layanan konseling
kelompok
4. Pencatatan Prestasi
Belajar
Pencatatan prestasi
belajr ada yang merupakan pencatatan untuk seluruh sekolah untuk masing-masing
kelas dan ada yang untuk siswa sebagai perseorangan. Beberapa catatan prestasi
belajar adalah :
a. Buku daftar nilai
Yaitu buku tempat mencatat nilai hasil belajar secara langsung dari kertas
pekerjaan ulangan atau hasil dari ujian lisan. Buku daftar nilai ditangani oleh
guru yang mengasuh mata pelajaran yang bersangkutan dan memuat nilai semua
siswa yang diajar oleh seorang guru jika guru tersebut mengajar satu macam
bidang studi.
b. Buku leggier (buku kumpulan nilai)
Jika dalam buku daftar nilai hanya terdapat satu nilai untuk bidang studi,
maka dalam leggier akan dapat dilihat semua nilai untuk semua bidang studi yang
diajarkan sekolah tersebut untuk satu periode. Di setiap sekolah yang baik
manajemennya terdapat 2 macam legier yaitu :
1) Leggier kelas, yaitu buku kumpulan nilai yang memuat nilai semua
pelajaran untuk satu periode tertentu dan untuk satu kelas tertentu.
2) Leggier sekolah, yaitu buku kumpulan nilai untuk setiap kelas dan sudah
di himpun untuk seluruh sekolah
C. Buku Rapport
Buku rapport adalah sebuah buku yang memuat hasil belajar siswa selama
siswa tersebut mengikuti suatu pelajaran di sekolah. Oleh karena itu, paling
sedikit banyaknya lembaran rapport sama dengan banyaknua tingkatan di suatu
sekolah.
Fungsi dan kegunaan rapport adalah sebagai hasil kerja sekolah kepada orang tua atau wali siswa karena sekolah merupakan lembaga yang sudah di pilih oleh orang tua atau wali untuk mendidik anaknya. Rapport tidak hanya berisi laporan tentang hasil belajar yang berupa kepandaian saja. Akan tetapi juga laporan tentang kelakuan, kejujuran, kepemimpinan, keberhasilan dan aspek-aspek pribadi yang lain.
Fungsi dan kegunaan rapport adalah sebagai hasil kerja sekolah kepada orang tua atau wali siswa karena sekolah merupakan lembaga yang sudah di pilih oleh orang tua atau wali untuk mendidik anaknya. Rapport tidak hanya berisi laporan tentang hasil belajar yang berupa kepandaian saja. Akan tetapi juga laporan tentang kelakuan, kejujuran, kepemimpinan, keberhasilan dan aspek-aspek pribadi yang lain.
Secara umum petunjuk
pengisian rapport adalah sebagai berikut :
1) Sekolah dapat menetapkan sendiri kelengkapan dari model rapport ini,
misalnya identitas peserta didik dan sekolahnya.
2) Kotak pertama: berisi nomor, nama mata pelajaran, aspek penilaian, nilai
(angka dan huruf) serta catatan guru.
3) Kotak kedua: perilaku.
4) Kotak ketiga: pengembangan diri.
5). Mutasi Siswa
Mutasi siswa atau pindah siswa yaitu perpindahan di dalam sekolah sendiri
(mutasi intern) maupun perpindahan keluar sekolah (mutasi ekstern). Mutasi
intern terjadi apabila siswa mengalami perpindahan dari kelas yang satu ke
kelas yang lain (naik tingkatan atau lainnya). Mutasi ekstern adalah mutasi
yang terjadi karena seseorang siswa keluar dari sekolah disebabkan karena telah
menamatkan pelajarannya atau karena hal-hal lainnya misalnya berhenti,
mengikuti orang tua dan sebagainya. Sebab-sebab mutasi antara lain :
a. Tamat sekolah.
b. Pindah ke sekolah lain menurut pilihan orang tua atau siswa yang masih
satu tempat.
c. Pindah ke sekolah lain di lain tempat karena mengikuti orang tua atau sebab lain.
d.Berhenti sekolah karena tidak mampu (kepandaian atau ekonomi)
c. Pindah ke sekolah lain di lain tempat karena mengikuti orang tua atau sebab lain.
d.Berhenti sekolah karena tidak mampu (kepandaian atau ekonomi)
e. Karena meninggal dunia.
B.Manajemen
Personalia
Manajemen personalia adalah : "Suatu ilmu seni untuk melaksanakan
antara lain planning, controlling, sehingga efektivitas dan efesiensi
personalia dapat di tingkatkan semaksimal mungkin dalam pencapaian tujuan.
Dan
dalam manajemen personalia antara lain :
a.
Memperlancar
program super visi pendidikan
b.
Membantu
pengisian identitas kepegawaian
c.
Membantu
memperlancar kebijakan-kebijakan
C.Manajemen Kurikulum
Dalam manajemen kurikulum antara lain :
a.
Menyusun
program mengajar sesuai dengan garis-garis besar program pengajaran (GBPP)
dalam kurikulum yang berlaku.
b.
Menyusun
satuan pelajaran beserta pembagian waktu.
c.
Merencanakan
dan melaksanakan program evaluasi pendidikan.
d.
Pembagian
tugas dan penjadwalan.
D.Manajemen Sarana Dan Materi
Dalam manajemen sarana dan materi antara lain :
a.
Invertarisasi
alat peraga dalam bidang masing-masing
b.
Merencanakan
dan mengusahakan buku pegangan
c.
Mengatur
penggunaan laboratorium sekolah
d.
Membantu/memelihara
merawat fasilitas sekolah
e.
Membantu
mengadministrasikan buku-buku perpustakaan
E.Manajemen
Tata Laksana
Dalam manajemen tata laksana
antara lain :
a.
Merencanakan
penggunaan ruang belajar.
b.
Berpartisifasi
dalam rapat-rapat sekolah
c.
Membantu
kelancaran ketatausahaan sekolah.
d.
Membantu
menyusun kalender.
F.Manajemen Pembayaran
Dalam manajemen pembayaran antara
lain :
a.
Memebantu
memperlancar pemasukan uang SPP
b.
Membanu
kepala sekolah dalam hal SPJ.
c.
Guru
sebagai pencatat keuangan.
G.Manajemen Lembaga Pendidikan
Dalam manajemen lembaga pendidikan antara lain :
1)
Membantu
kepala sekolaj dalam menyusun rincian tugas (job descriptioan).
2)
Membantu
pengembangan organisasi atau lembaga sekilah.
H.Manajemen Humas
Dalam manajemen Humas antara lain :
a.
Pengabdian
pada masyarakat, seperti bekerja sama dengan masyarakat.
b.
Duduk
dalam kepanitiaan tertentu bersama warga setempat.
c.
Rapa-rapat
bersama BP3/ orang tua murid.
d.
Meyusun
laporan pendidikan.
e.
Ikut
menjaga nama baik sekolah.
Tugas-tugas pokok atau beban kerja HUMAS suatu
organisasi/lembaga
1.
Memberikan
informasi dan menyampaikan ide (gagasan) kepada masyarakat atau pihak-pihak
lain yang membutuhkannya
2.
Membantu
pemimpin yang tugas-tugassnya tidak dapat langsung memberikan informasi kepada
masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukan
3.
Membantu
pemimpin memperisapkan bahan-bahan tentang permasalahan dan informasi.
4.
Membanatu
pemimpin dalam mengembangkan rencana dan kegiatan-kegiatan lanjutan yang
berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat (public service).
BAB
IV FUNGSI MANAJEMEN
A.Fungsi-fungsi Manajemen Menurut Beberapa Ahli
George Terry
1.
Planning
(perencanaan) yaitu suatu proses mempersiapkan serangkaian keputusan untuk
mengambil tindakan yang akan datang yang terarah pada percapaian tujuan dengan
cara yang seoptimal.
2.
Organizing
(pengorganisasian) yaitu sebuah usaha untuk mewujudkan kerja sama antar
seseorang atau sekelompok.
3.
Actuating
( penggerakan) yaitu suatu usaha yang
dilakukan oleh pemimpin atau lieder untuk memberikan pengarahan
penjelasan petunjukserta bimbingan kepada stafnya sesuai bidangnya, baik
sebelum melaksanakan tugas maupun saat-saat melaksanakan tugas.
4.
Controlling
(pengawasan) yaitu usaha pimpinan untuk mengetahui lancarnya kerja, dan
bertujuan untuk mengetahui tingkat penyelewengan serta untuk mengetahui tingkat
efektifitas.
H. Koontz dan O’Donnel (1991) dalam
“The Principles of Management” :
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Controlling
5. Directing
Luther Gullick :
1.
Planning
2.
Organizing
3.
Staffing
4.
Directing
5.
Coordinating
6.
Reporting
7.
Controlling
Nickels & McHugh :
1. Planning
2. Organizing
3. Directing
4. Controling
Richar W Griffin :
1. Planning
2. Organizing
3. Leading
4. Controling
Ernest Dale :
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Directing
5. Innovating
6. Representing
7. Controling
Henry Fayol :
1. Planning
2. Organizing
3. Commanding
4. Coordinating
5. Controlling
Lyndall Urwick & Luther Gulick :
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Directing
5. Coordinating
6. Reporting
7. Budgeting
John Robert B, Ph.D :
1. Planning
2. Organizing
3. Commanding
4. Controlling
William H. Newman :
1. Planning
2. Organizing
3. Assem-bling
4. Resources
5. Directing
6. Controlling
Dr. S.P. Siagian, M.P.A :
1. Planning
2. Organizing
3. Motivating
4. Controlling
William Spriegel :
1. Planning
2. Organizing
3. Controlling
Dr. Winardi, S.E :
1. Planning
2. Organizing
3. Coordinating
4. Actuating
5. Leading
6. Communication
7. Controlling
The Liang Gie :
1. Planning
2. Decision Making
3. Directing
4. Coordinating
5. Controlling
6. Improving
James A.F.Stoner :
1. Planning
2. Organizing
3. Leading
4. Controlling
Louis A.Kallen
1. Planning
2. Organizing
3. Actuting
4. Leading
Oeng Liang Lee
1. Planning
2. Organizing
3. Directing
4. Coordinating
5. Controlling
B.PENGERTIAN-PENGERTIAN
1. Planning
adalah perencanaan penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan
Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
adalah perencanaan penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan
Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
2. Organizing
Organizing atau pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
Organizing atau pengororganisasian adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
3. Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
4. Activating
Activating atau pelaksanaan adalah suatu fungsi manajemen berupa bentuk
kegiatan kerja nyata dalam suatu kegiatan manajemen.
5. Staffing
Staffing adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan
atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang
bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
6. Directing / Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan
usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan
dalam melaksanakan tugas masingmasing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan
baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
7. Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk
melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan,
kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan
pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya
mencapai tujuan organisasi.
8. Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau
hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian
dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
9. Leading
Mengambil keputusan
Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan
Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
10.Innovating
Innovating merupakan fungsi manajemen berupa penelitian, pengembangan, dan
/ atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan
konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
11. Representing
Representing adalah fungsi manajemen berupa adanya kesamaan dalam hal
pengerjaan tugas.
12. Budgeting
Budgeting merupakan fungsi manajemen berupa pengikhtisaran sistem anggaran
keuangan. Baik itu sistem keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.
13. Assembling
Assembling merupakan fungsi manajemen dimana terjadi pengurutan-pengurtan
dalam hal kegiatan yang berhubungan dengan manajemen itu sendiri.
14. Resources
Resources merupakan fungsi manajemen berupa pemanfaat sumber daya yang ada,
baik itu SDA atau SDM sehingga terjadi ketepatgunaan.
15. Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen
berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan
melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
16. Actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota
kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial
dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan
orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara
bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal
ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
17. Communication
Communication merupakan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide,
gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi
diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan
kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini
komunikasi yag terjadi diantara hierarki kepemimpinan.
18. Decision Making
Dicision Making merupakan fungsi manajemen yang dapat dianggap sebagai
suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada
pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia.
Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final .
Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap
pilihan.
19. Improving
Improving adalah salah satu fungsi manajemen dalam hal peningkatan mutu
kegiatan, kepemimpinan, kerjasma, dan lain-lain
BAB
V MANAJEMEN DAN ORGANISASI PENDIDIKAN
A.Manajemen Lembaga Pendidikan
Setiap lembaga pendidikan, di tuntut untuk
memberika pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggannya. Agar tugas ini terwujud,
lembaga perlu di dukung oleh sistem manajemen yang baik. Diantara sistem
manajemen yang baik itu memiliki beberapa ciri, yaitu : adanya pola pikir
teratur ( administrative thinking), adanya pelaksanaan kegiataan yang teratur (
administrative behavior), dan adanya penyikapan terhadap tugas-tugas
kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara baik (administrative attitude).
B.manajemen organisasi pendidikan
Organisasi
lembaga penidikan adalah suatu organisasi yang unik dan kompleks karena lembaga
pendidikan tersebut merupakan suatu lembaga penyelenggaraan
pendidikan.tujuannya antara lian untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota
masyarakat yang memilik kemampuan akademik dan profesionla yang dapat
menerapkan, mengembangkan,memperkaya ilmu pengetahuan , teknologi,kesenian,
serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan tarap kehidupan masyarakat
dan memperkaya kebudayan nasional.
Demikian kompeksnya organisasi
tersebut, maka dalam memberikan layanan pendidikan kepada siswa khususnya dan
masyarakat pada umumnya organisasi perlu dikelola dengan baik. Oleh sebab itu,
lembaga pendidikan perlu menyadari adanya pergeseran dinamika internal
(perkembangan dan perubahan peran) dan tuntutan ieksternal yang semakin
berkembang. Berdasarkan sebagai definisi di atas dapat disimpulkan bahwa budaya
organisasi di lembaga pendidikan adalah pemaknaan bersama seluruh anggota
organisasi di suatu lembaga pendidikan yang berkaitan dengan nilai, keyakinan,
tradisi, dan cara berpikir unik yang di anutnya dan tampak dalam perilaku
mereka, sehingga membedakan antara lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan
lainnya.
C.
Organisasi sebagai sistem terbuka
Organisasi
sebagai sistem terdiri dari input, proses, output, dan outcome, konte antara
lain terdiri atas landasan hukum yang berlaku, kebijakan pemirintah yang
berlaku, tuntutan pengembangan diri dan peluang tamatan, tuntutan ekonomi
pendidikan, tuntutan globalisasi, nilai dan harapan masyarakat, dunia usaha dan
industri, dengan IPTEK, dukungan pemerintah, serta dukungan masyarakat. Dengan
kata lain., organisasi sebagai sistem terbuka yang berinteraksi dengan
lingkungan.
D.keaktifan
Organisasi
Misi
utama dari manajemen mutu terpadu adalah untuk memnuhi kebutuhan dan tuntutan
seluruh pelanggan. Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu menjaga hubungan
dengan pelanggannya dan memiliki obsesi terhadap mutu.
Pelanggan
sekolah ada dua macam :
1. Pelanggan Internal :
guru,pustakawan,laborat,teknisi dan administrasi.
2. Pelanggan eksternal terdiri dari :
·
Pelanggan
primer : siswa
·
Pelanggan
sekunder : orang tua, pemerintah dan masyarakat
·
Pelanggan
tertier : pemakai/penerma lulusan (perguruan tinggi dan dunia usaha)
Menurut Edward Sallis dalam
institusi pendidikan pelanggan utama adalah pelajar yang secara langsung
menerima jasa, pelanggan kedua yaitu orang tua atau sponsor pelajar yang
memiliki kepentingan langsung secara individu maupun institusi dan pelanggan
ketiga yaitu pihak yang memiliki peran penting, meskipun tak langsung seperti
pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan.
E.
Hubungan Organisasi dan Lingkungan
Schein
(1985) memberi definisi bahwa budaya organisasi adalah pola asumsi dasar yang
telah ditemukan suatu kelompok,ditentukan dan dikembangkan melalui proses
belajar untuk menghadapi persoalan penyesuaian (adaptasi) kelompok eksternal
dan integrasi kelompok internal.
Pendapat lain tentang budaya
organisasi menyatakan bahwa budaya organisasi mengacu pada satu sistem
pemaknaan bersama yang di anut oleh anggota organisasi dalam erilaku
merekaerilaku mebentuk nilai, tradisi, keyakinan (belief) norma, dan cara
berfikir unik yang membedakan organisasi itu dari organisasi lainnya
(ouchi,1981).
Berdasarkan sebagai definisi di atas
dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi di lembaga pendidikan adalah
pemaknaan bersama seluruh anggota organisasi itu di suatu lembaga pendidikan
yang berkaitan dengan nilai, keyakinan, tradisi dan cara cerfikir unik yang
dianutnya dan tampak dalam perilaku mereka, sehingga membedakan antara lembaga
pendidikan dengan lembaga pendidikan lainnya.
BAB VI SUPERVISI
A.Pengertian Supervisi
Konsep supervisi modern
dirumuskan oleh Kimball Wiles (1967) sebagai berikut: “Supervision is
assistance in the depolepment of a be teaching learning situation”, supervise
adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik. Rumusan
ini mengisyaratkan bahwa layanan superrvisi meliputi keseluruhan situasi
belajar mengajar (goal, material, technique, method, teacher, student, an
enviroum). Situasi belajar inilah yang seharusnya diperbaiki dan ditingkatkan
melalui kegiatan supervise. Dengan demikian layanan supervise tersebut mencakup
seluruh aspek dari penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran.
Konsep supervise tidak
bisa disamakan dengan inspeksi, inspeksi lebih menekankan kepada kekuasaan dan
otoritas, sedangkan supervise lebih menekannkan kepada persahabatan yang
dilandasi oleh pemberian layanan dan
kerjasama yang lebih baik diantara guru,
karena bersifat domokrfatis. Istilah supervise pendidikan dapat dijelaskan baik
menurut asal-usul (etimologis), bentuk perkataannya (morfologi)maupun isi yang
terkandung dalam perkataan itu (semantik).
a.
Etimologi
Istilah supervisi diambil dalam
perkataan Bahasa Inggris “supervision” artinya pengawasan dibidang pendidikan.
b.
Morfologi
Supervise terdiri dari
dua kata “super” berarti : alas, lebih, “ visi ” berarti : lihat,tilik, awasi.
Seorang supervisior memang mempunyai posisi diatas atau mempunyai kedudukan
yang lebih dari orang yang dIsupervisinya.
c.
Semantik
Pada hakekatnya isi
yang terkandung dalam definisi yang rumusannya sesuatu terkandung dari orang yang mendifinisikannya.
Wiles secara singkat telah merumuskan bahwa supervise sebagai bantuan
pengembangan situasi belajar mengajar agar lebih baik. Adam dan Dickey
merumuskan supervise sebagai pelayanan khususnya menyangkut perbaikan proses
belajar mengajar. dengan demikian, supervise ditujukan kepada penciptaan atas
pengembangan situasi belajar mengajar yang lebih baik.
B. Tujuan dan Jenis Kegiatan supervisi
Secara
singkat evaluasi program merupakan upaya untuk mengukur ketercapaian program /
kegiatan, yaitu mengukur sejauh mana sebuah kebijakan dapat terimplementasikan.
Jenis kegiatannya berupa seperti :
kegiatan membaca, program seminar, program UKS. Tujuan evaluasi program harus
dirumuskan dengan titik tolak tujuan program yang dievaluasi, agar pengukuran
tujuan dapat diketahui secara cermat dan teliti sampai diketahui sisi negative
dan positifnya, dapat menunjukkan bagian mana dari kebijakan yang mana dapat
diimplementasikan dan mana yang tidak, serta apa penyebabnya maka tujuan
evaluasi perlu dirincikan.
Kegiatan supervise pengajaran merupakan
kegiatan yang wajib di laksanakan dalam penyelenggaraan pendidikan.
Pelaksanaann supervise oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam
memberikan pembinaan kepada guru. Hal tersebut karena proses belajar mengajar
yang dilaksanakan guru merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan
dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Proses belajar mengajar merupakan
suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atau dasar
hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai
tujuan tertentu, oleh karena itu kegiatan supervise dipandang perlu untuk
memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran.
C.Peranan Supervisi Pendidikan
Supervise berfungsi
membantu (asisting), support (supporting) dan mengajak mengikutsertakan
(sharring), Kimbal Wiles, 1995, dilihat dari kinerja supervisior yang
melaksanakan tugasnya.
Mengenai
peranan supervise dapat dikemukakan beberapa pendapat para ahli, seorang
supervisior dapat berperan sebagai :
1. Koordinator
2. Konsultan
3. Pemimpin kelompok
4. Evaluator
( Peter . F. Olivia 1976)
1. Sebagai coordinator ia dapat
mengkoordinasikan program belajar mengajar, tugas-tugas anggota staf berbagai
kegiatan yang berbeda-beda diantara guru-guru, conth : kongkrit mengkordinasi tugas
mengajar satu mata pelajaran yang dibina oleh berbagbai guru.
2. Sebagai konsultan ia dapat member
bantuan, bersama mengkolsultasikan masalah yang dialami guru baik secara
individual maupun secara kelompok.
3. Sebagai pemimpin kelompok ia dapat
memimpin sejumlah staf guru dalam pengembangan potensi kelompok. Pada saat
mengembangkan kurikulum, materi pelajaran dan kebutuhan professional guru-guru
secara kurukulum. Ia juga dapat mengembangkan keterampilan dan kiat-kiat dalam
bekerja untuk kelompok (working for the group) bekerja dengan kelompok (
working with the group ).
4. Sebagai evaluator, dapat menilai
kurikulum yang sedang dikembangkan.
D.Prinsip-Prinsip Supervisi
Masalah yang
dihadapi dalam melaksanakan supervise dilingkungan pendidikan adalah bagaimana
cara mengubah pola pikir yang bersifat otokrat dan korektif,sikap yang
konstruktif dan kreatif. Suatu sikap yang menciptakan situasi dan relasi dimana
guru-guru merasa aman dan merasa diterima sebagai subyek yang dapat berkembang
sendiri untuk itu supervise harus dilaksanakan berdasarkan data, fakta yang
obyektif, maka prinsip supervise dilaksanakan, yaitu :
1. Prinsip ilmiah (scientific)
2. Prinsip demokratis
3. Prinsip kerjasama
4. Prinsip konstruktif dan kreatif.
E.Alat- Alat Bantu Supervisi Pendidikan
Adam
dan Dickey mengatakan bahwa salah satu alat supervise penting dalam supervise
adalah individual, conference, sebab dalam individual conference seorang
supervisior dapat bekerja secara individual dengan guru dalam memecahkan
problem-problem pribadi yang berhubungan dengan jabatan mengajar (personal and
professional problems),misalnya pemilihan dan pemakaian alat-alat pelajaran
tentang penentuan dan penggunaan metode belajar, dsb. Adapun alat-alat bantu
yang lain yaitu chek-list, evaluative check list, dan activis check list.
F.Hubungan antara Manajemen dan Supervisi
Hubungan antara
manajemen dan supervise pendidikan, yaitu saling memilliki keterkaitan satu
dengan yang lain / sama lain, maksudnya dengan adanya manajemen pendidikan maka
secara tidak langsung terhadap supervise pendidikan.
Kalau dilihat
dari pengertiannya manajemen pendidikan adalah suatu aktifitas memadukan elemen
– elemen dalam pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan
yang telah ditentukan bersama
sebelumnya. George Terry berpendapat bahwa definisi manajemen pendidikan adalah
sebuah proses yang khas yang terdiri dari P.
O. A. C yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah
ditetapkan melalui pemanfaatan SDA dan SD-SD lainnya, sedangkan supervise
pendidikan dapat diartikan sebagai evaluasi program atau kegiatan pendidikan
yang bersifat membangun serta kegiatan yang direncanakan untuk mendukung
tercapainya tujuan, jadi secara tidak langsung supervise pendidikan diperlukan
untuk mengevaluasi program atau kegiatan tersebut agar dapat tercapainya
tujuan.
BAB VII
PROSES SUPERVISI PENDIDIKAN
A.
Komponen dan Proses Supervisi
Dalam pelaksanaanya atau proses supervisi pendidikan
terlibat adanya berbagai ragam/corak seperti :
1. Supervisi
yang Preventif
Dalam proses supervisinya, supervisor senantiasa berusaha mencegah
terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan berusaha memberikan
nasehat-nasehat dan saran-saran untuk menghindari terjadinya
kesalahan-kesalahan serta kesulitan-kesulitan yang mungkin bisa terjadi.
2. Supervisi
yang Korektif
Dalam proses supervisinya, supervisor lebih bersifat
mencari kesalahan-kesalahan bawahannya, baik kesalahan-kesalahan prinsipiil, teknis maupun dalam
melaksanakan instruksi-instruksi/ketentuan-ketentuan yang telah diberikan
oleh pihak supervisor.
3. Supervisi yang Konstruktif
Supervisor senantiasa berusaha membangkitkan semangat membangun,
mengembangkan potensi bawahannya demi peningkatan
prestasi dan produksivitas kerja. Pembinaan dan kritik yang bersifat
membangun adalah ciri dan proses dari supervisi ini.Dalam kependidikan
supervisi semacam ini, cenderung mengikuti asas Tut Wuri Handayani. Sistem Supervisi Pendidikan di SMAN 1 Mojosari
Page 28.
4. Supervisi
yang Kreatif
Supervisor senantiasa memperhatikan pada inisiatif, daya
cipta, penelitian, kepemimpinan dan hasil-hasil penemuan bawahannyadengan
memberikan penghargaan, piagam atau predikat-predikatketeladanan.
5. Supervisi
yang Koorperatif.
Supervisor selaku menggunakan kerjasama, partisipasi,
musyawarah,toleransi dengan bawahannya demi kemajuan dan
pengembanagan pendidikan. Kegiatan-kegiatan perencanaan, pelaksanaan
sampai evaluasi selalu mengikut sertakan bawahannya seluas-luasnya. diinginkan
dengan berusaha memberikan nasehat-nasehat dan saran-saran untuk
menghindariterjadinya kesalahan-kesalahan serta kesulitan-kesulitan yangmungkin bisa terjadi.
B.
Perencanaan Supervisi
Hal-hal yang
diperlukan dalam perencanaan supervisi adalah sebagai berikut:
a. Kejelasan Tujuan Pendidikan di Sekolah
Apa yang akan
dicapai di sekolah, ke arah mana pendidikan anak-anak di sekolah harus
dilaksanakan, merupakan pokok-pokok fikiran yang penting dalam supervisi, dan
bukan soal metode atau teknik penyampaian. Metode dan teknik mungkin saja
berubah dan harus disesuaikan pada situasi dan kondisi; tetapi tujuannya harus
jelas.
Yang perlu
disadari sejelas-jelasnya oleh Kepala Sekolah sebagai supervisor ialah apa yang
harus dicapai oleh murid-muridnya di sekolah. Semua tindakan di sekolahnya
adalah untuk keberhasilan murid-muridnya. Juga bantuan yang diberikan kepada
Guru-gurunya, usaha peningkatan kemampuan Guru-guru, semuanya itu adalah untuk
membantu murid-muridnya mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Karena itu
tujuan pendidikan di sekolah harus jelas bagi Kepala Sekolah dan Guru-guru.
b. Pengetahuan tentang Mengajar yang
Efektif
Kepala
Sekolah sebagai supervisor harus benar-benar menguasai prinsip-prinsip yang
dipakai dalam proses belajar-mengajar, harus dapat memilih dan menggunakan
metode yang sesuai untuk mengaktifkan murid belajar. Dengan kata lain, seorang
supervisor haruslah seorang Guru yang baik, yang dapat dan selalu ingin
mengajar baik.
Kepala Sekolah harus menyadari bahwa kegiatan
supervisi apapun, apakah penataran Guru dalam bidang studi tertentu, atau usaha
peningkatan penampilan Guru di depan kelas, akhirnya harus menghasilkan proses
belajar-mengajar yang lebih baik. Akhirnya kegiatan supervisi harus sampai
kepada penggunaan metode mengajar yang lebih baik dan lebih efektif untuk
meningkatkan keberhasilan belajar muridnya. Rencana supervisi tidak akan
memadai jika tidak dilandasi dengan pengetahuan tentang mengajar yang efektif
c. Pengetahuan tentang Anak
Pengetahuan supervisi harus didasari pengetahuan
tentang anak. Perencanaan supervisi harus ditujukan kepada peningkatan belajar
murid, yaitu peningkatan murid-murid tertentu, di sekolah tertentu dalam
situasi tertentu. Tujuan akhir supervisi bukan hanya peningkatan kemampuan Guru
saja, tetapi peningkatan kegiatan belajar dan hasil belajar murid. Peningkatan
Guru baru merupakan tujuan sementara. Karena itu yang perlu direncanakan dalam
supervisi, bukan saja apa yang perlu dipelajari Guru dan bagaimana kemampuan
belajar Guru, tetapi harus juga diperhitungkan apa yang diperlukan murid dan
bagaimana kemampuan belajar murid.
Seorang supervisor bukan saja harus mengenal dan
mengetahui Gurunya, tetapi tidak kurang pentingnya, bahkan mungkin lebih penting
lagi, ialah mengenal dan mengetahui murid-muridnya. Pengetahuan tentang anak
ini yang mendasari pengetahuan tentang kebutuhan Guru-gurunya untuk menentukan
bantuan apa yang perlu dan dapat diberikan kepada Guru-gurunya itu.
d. Pengetahuan tentang Guru
Guru adalah
peserta dan teman usaha supervisor untuk meningkatkan situasi belajar-mengajar
dan hasil belajar murid. Untuk dapat bekerjasama secara efektif, supervisor
harus benar-benar mengenal Guru-guru yang diajak bekerjasama itu. Supervisor
harus mengetahui di mana kemampuan dan kekurangmampuan Guru, apa kebutuhannya
untuk menjadi Guru yang lebih baik. Kegiatan supervisi yang direncanakan harus
didasarkan pada kemampuan Guru, minat Guru, kebutuhan Guru. Untuk itu perlu
juga diketahui pandangan dan sikap Guru terhadap pendidikan, terhadap tugasnya
sebagai pendidik dan sikapnya terhadap masyarakat. Sebab sebelum supervisor
dapat mulai meningkatkan kemampuan Guru, harus ada usaha mengubah dulu sikap
dan pandangan Guru terhadap pendidikan dan terhadap tugasnya sebagai pendidik
dalam masyarakat.
BAB
VIII
TEKNIK SUPERVISI
A.
Fungsi tekhnik dalam
supervisi
Secara garis besar teknik supervisi
dibedakan menjadi dua bagian, yaitu: teknik perseorangan dan teknik kelompok.
a.
Tekhnik Perseorangan
Yang
dimaksud teknik persorangan ialah supervisi yang dilakukan secara perseorangan,
beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain:
1. Mengadakan
kunjungan kelas (classroom visitation), Kepala sekolah datang ke kelas
untuk mengobservasi bagaimana guru mengajar. Dengan kata lain, untuk melihat
apa kekurangan atau kelemahan yang sekirannya perlu diperbaiki.
2. Mengadakan
kunjungan observasi (observation visits), Guru-guru ditugaskan untuk
mengamati seorang guru yang sedang mendemonstrasikan cara-cara mengajar suatu
mata pelajaran tertentu. Kunjungan observasi dapat dilakukan di sekolah sendiri
atau dengan mengadakan kunjungan ke sekolah lain.
3. Membimbing
guru tentang cara-cara mempelajari pribadi siswa atau mengatasi problema yang
dialami siswa.
4. Membimbing
guru dalam hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum sekolah, antara
lain: menyusun program semester, membuat program satuan pelajaran,
mengorganisasi kegiatan pengelolaan kelas, melaksanakan teknik-teknik evaluasi
pembelajaran, menggunakan media dan sumber dalam proses belajar mengajar, dan
mengorganisasi kegiatan siswa dalam bidang ekstrakurikuler.
b.
Tekhnik
Kelompok
Teknik kelompok ialah supervisi yang dilakukan secara
kelompok, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:
1.
Mengadakan pertemuan atau rapat (meeting), Seorang
kepala sekolah menjalankan tugasnya berdasarkan rencana yang telah disusun.
Termsuk mengadakan rapat-rapat secara periodik dengan guru-guru, dalam hal ini
rapat-rapat yang diadakan dalam rangka kegiatan supervisi.
2.
Mengadakan diskusi kelompok (group
discussions), Diskusi kelompok dapat diadakan dengan membentuk
kelompok-kelompok guru bidang studi sejenis. Di dalam setiap diskusi,
supervisor atau kepala sekolah memberikan pengarahan, bimbingan,
nasihat-nasihat dan saran-saran yang diperlukan.
3.
Mengadakan penataran-penataran (inservice-training), Teknik
ini dilakukan melalui penataran-penataran, misalnya penataran untuk guru bidang
studi tertentu. Mengingat bahwa penataran pada umumnya diselenggarakan oleh
pusat atau wilayah, maka tugas kepala sekolah adalah mengelola dan membimbing
pelaksanaan tindak lanjut (follow-up) dari hasil penataran.
B.
Kunjungan kelas sebagai tekhnik supervisi
Perkunjungan kelas ini
berfungsi sebagai alat untuk mendorong guru agar meningkatkan cara mengajar
guru dan cara belajar siswa. Perkunjungan ini dapat member kesempatan guru-guru
untuk mengungkapkan pengalamannya sekaligus sebagai usaha untuk memberikan rasa
mampu kepada guru-guru, karena guru dapat belajar dan memperoleh pengertian
secara moral bagi pertumbuhan keduanya. Perkunjungan kelas bertujuan untuk
memperoleh data mengenai keadaan sebenarnya selama guru mengajar. Dengan data
itu supervisior dapat berbincang dengan guru tentang kesulitan yang dihadapi
guru-guru. pada kesempatan itu guru-guru dapat mengemukakan
pengalaman-pengalaman yang berhasil dan hambatan-hambatan yang dihadapi serta
meminta bantuan, dorongan dan mengikutsertakan.
Ada 3 macam bentuk
perkunjungan kelas antara lain :
1. Perkunjungan tanpa diberitahu
(unannouncel visitation). Supervise datang secara tiba-tiba tanpa diberi tahu
terlebih dahulu.
2. Perkunjungan dengan cara memberitahu
terlebih dahulu (annauncet visitat) biasanya telah supervaisor telah memberikan jadwal
perkunjungan sehingga pada hari dan jam berapa ia akan di kunjungi.
3. Perkunjungan atas undangan guru (visit
upon intitation). Perkunjungan seperti ini akan lebih baik, oleh karena itu
guru akan punya usaha dan motivasi untuk mempersiapkan diri dan membuka diri
agar dia dapat memperoleh balikan pengalaman baru dari hal perjumpaannya dengan
supervise.
C.
Pertemuan pribadi dalam rangka supervisi
Percakapan
pribadi ( individual comperence ) antara seorang supervaisor dengan seorang
guru, dalam percakapan tersebut kedua-duanya berusaha berjuang dalam pengertian
tentang mengajar yang baik, yang dipercayakan adalah usaha-usaha untuk
memecahkan problem-problem yang dihadapi
oleh guru dalam mengajar.
D.
Rapat stap
Rapat staf dapat
dilakukan untuk mencapai tujuan dari lembaga pendidikan, adapun macam-macam
rapat staf, yaitu menurut tingkatannya waktu dan menurut bentuknya, rapat
biasanya dilakukan antara kepala sekolah, staf tata usaha, pengawasannya (guru)
dan staf komite.
E.
Tekhnik-tekhnik peningkatan
Profesionalisme
menjadi tuntutan dari setiap pekerjaan,apalagi profesi guru sehari-hari
menangani benda hidup yang berupa anak-anak atau siswa dengan berbagai
karakteristik yang masing-masing tidak sama. Pekerjaan sebagai guru menjadi
berat tatkala menyangkut peningkatan kemampuan anak didik.
Guru yang
professional adalah mereka yang memiliki kemampuan professional dengan berbagai
kapasitasnya sebagai pendidik. Study
yang dilakukan Ace Suryani menuunjukkan bahwa guru yang bermutu dapat
diukur dengan lima indkator yaitu
1.
Kemampuan
professional (professional capacity), sebagaimana terukur diijazah, jenjang
pendidikan, jabatan, dan golongan, serta pelatihan.
2.
Upaya
professional (professional efforts), sebagaimana terukur dari kegiatan
mengajar, pengabdian dan penelitian.
3.
Waktu
yang dicurahkan untuk kegiatan professional ( teacher’s time), sebagai terukur
dari masa jabatan, pengalaman mengajar, serta lainnya.
4.
Kesesuaian
antara keahlian dan pekerjaannya ( link and match), sebagaimana terukur dari
mata pelajaran yang diambilnya, apakah telah sesuai dengan spesialisasinya atau
tidak.
5.
Tingkat
kesejahteraan (prosperiousity), sebagaimana terukur dari sukses, upah, honor, atau penghasilan rutinnya.
Tingkat kesejahteraan yang rendah bisa mendorong seorang pendidik untuk
melakukan pekerjaan sambilan, dan bilamana kerja sama itu sukses, bisa jadi
profesi mengajarnya berubah menjadi sambilan.
BAB IX
SUPERVISI DALAM PENAMPILANNYA
A.
Peranan
supervisi
Seorang
supervisior dapat dilihat dari tugas yang dikerjakannya. Seorang pemimpin
pendidikan yang berfungsi sebagai supervisor tampak jelas perannya. Sesuai
dengan pengertian hakiki supervisi, maka supervisi berperan atau bertugas
memberi support (supporting), membantu (assisting) dan
mengikutsertakan (sharing).
Selain itu, seorang supervisior bertugas sebagai:
-
Koordinator.
- Konsultan.
- Pemimpin
Kelompok.
- Evaluator .
Tugas
lain bagi seorang supervisi atau pengawas akademik, yakni mencakup hal-hal
berikut:
1.
Mengupayakan agar guru lebih bersungguh-sungguh dan bekerja lebih keras serta
bersemangat dalam mengajar.
2.
Mengupayakan agar sistem pengajaran ditata sedemikian rupa sehingga berlaku
prinsip belajar tuntas, yaitu guru harus berupaya agar murid benar-benar
menguasai apa yang telah diajarkan dan tidak begitu saja melanjutkan pengajaran
ke tingkat yang lebih tinggi jika murid belum tuntas penguasaannya.
3.
Memberikan tekanan (pressure) terhadap guru untuk mencapai tujuan
pengajarannya, dengan disertai bantuan (support) yang memadai bagi keberhasilan
tugasnya.
4.
Membuat kesepakatan dengan guru maupun dengan sekolah mengenai jenis dan
tingkatan dari target output yang harus mereka capai sehubungan dengan
keberhasilan pengajaran.
5.
Secara berkala melakukan pemantauan dan penilaian (assessment) terhdap
keberhasilan (efektifitas) mengajar guru, khususnya dalam kaitannya dengan
kesepakatan yang dibuat pada butir (4) di atas.
6.
Membuat persiapan dan perencanaan kerja dalam rangka pelaksanaan butir-butir di
atas, menyusun dokumentasi dan laporan bagi setiap kegiatan, serta
mengembangkan sistem pengelolaan data hasil pengawasan.
7. Melakukan koordinasi serta membuat
kesepakatan-kesepakatan yang diperlukan dengan kepala sekolah, khususnya dalam
hal yang berkenaan dengan pemantauan dan pengendalian efektifitas pengajaran
serta hal yang berkenaan dengan akreditas sekolah yang bersangkutan.
B.
Supervisor Sebagai Pemimpin
ia dapat memimpin sejumlah staf guru dalm mengembangkan potensi kelompok, pada
saat mengembangkan kurikulum, materi pelajaran dan kebutuhan profesional
guru-guru secara bersama. Sebagai pemimpin kelompok ia dapat mengembangkan
keterampilan dan kiat–kiat dalam bekerja untuk kelompok (working
for the group ) bekerja dengan kelompok (working with the group ) dan bekerja
melalui kelompok (working through the group ).
C.
Supervisor Sebagai Evaluator
ia dapat membantu guru-guru dalam menilai hasil dan proses belajar, dapat
menilai kurikulum yang sedang dikembangkan. Ia juga belajar menatap
dirinya sendiri ia dibantu dalam merefleksikan dirinya, yaitu
konsep dirinya (self concept) ide/cita-cita dirinya, (self idea ), realitas
dirinya (self reality). P.Wiggens 1965 misalnya, d akhir semester ia
dapat mengadakan.
D.
Supervisor
Sebagai Pembina
ia dapat mengkoordinasi program belajar mengajar ,tugas
–tugas anggota staf sebagai kegaiatan yang berbeda-beda
diantara guru.contohnya konkret mengkoordinasi tugas belajar suatu
mata pelajaran oleh berbagai guru.
E.
Supervisor
Sebagai Komunikator
Ia dapat memberi bantuan bersama, mengkonsultasikan masalah yang
dialami guru baik secara individual maupun kelompok.misalnya
kesulitan dalam mengatasi anak yang sulit belajar,yang menyebabkan guru sendiri
sulit mengatasi dalam tahap belajar. Evaluasi diri sendiri dengan
memperoleh umpan balik dari setiap peserta didik yang dapat
dipakai sebagai bahan untuk memperbaiki dan meningkat kan diri.
Yang
harus diubah ialah unjuk kerja para pembina pendidikan (supervisor) yang
memakai pola lama dan kebiasaan memberi pengarahan .dala iklim demokrasi ,harus
ada reformasi unjuk kerja para pembina pendidikan seperti yang
diungkap kan oleh Kimball Wiles (1955 ).ia menegaskan peranan severvisor
ialah menbantu memberi support dan mengikut serta kan ,bukan mengarahkan
terus –menerus .kalau mengarahkan terus-menerus maka tidak demokratis
,juga tidak memberi kesempatan untuk guru-guru belajar berdiri
sendiri (otonom ) dalam arti profesional .guru tidak diberi kesempatan untuk
berdiri sendiri atas tanggung jawab nya sendiri .pada hal ciri-ciri
dari guru profesional ialah guru yang memiliki otonomi dalam arti
bebas mengembangkan diri sendiri atas kesadaranya sendiri.
BAB X
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN
1.Pengertian Kepemimpinan Pendidikan
Kepemimpinan
(dalam hal ini KS) merupakan suatu kemampuan dan kesiapan seseorang untuk
mempengaruhi, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan staf sekolah agar dapat
bekerja secara efektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran
yang telah ditetapkan.
Kepemimpinan
adalah proses yang menjamin terjadinya dinamika positif dalam organisasi atau
kelompok dengan cara melakukan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya
tujuan organisasi.
Kepemimpinan memiliki beberapa implikasi:
1)
Kepemimpinan berarti melibatkan orang atau pihak lain,
yaitu para karyawan dan bawahan (followers)
2)
Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang yang dengan
kekuasaannya mampu menggugah pengikutnya untuk mencapai kinerja yang memuaskan.
2.Tipe-tipe Dasar Kepemimpinan
1)
Kepemimpinan otoriter : sangat mengandalkan kedudukannya
/ kekuasaannya sebagai pemimpin
2)
Kepemimpinan laizes-faire : pemimpin yang keberadaannya
haya sebagai lambang.
3)
Kepemimpinan demokratis : mengutamakan kerjasama antara
atasan dan bawahan
4)
Kepemimpinan pseudo-demokratis : nampak seperti
demokratis tetapi semu karena tetap otoriter dan demi kepentingan kelompok
tertentu saja.
3. Syarat dan Prinsip Proses Kepemimpinan Pendidikan
Adapun syarat-syarat kepemimimpinan sebagai berikut:
Ø Problem
solver
Seorang pemimpin dituntut mampu
membuat keputusan penting dan mencari jalan keluar dari permasalahan.
Ø Bersikap
positif
Setiap orang tidak luput dari
kesalahan, jika hal ini menimpa anak buah anda jangan langsung mencercanya
dengan segudang omelan. Selidiki latar belakang permasalahan sehingga anda bisa
bersikap proporsional.
Ø Komunikasi
Sebagai pemimpin anda perlu menerangkan
sejelas mungkin tentang tujuan bersama yang hendak diraih dan strategi
meraihnya. Bekali anak buah dengan penilaian terhadap hasil kerjanya selama ini
sehingga mereka bisa belajar cara melakukan tugas dengan benar. Pelihara
komunikasi dua arah dengan bawahan dan mintalah feedback dari mereka setiap
kali anda meluncurkan kebijakan baru.
Ø Menjadi
inspirasi
Seorang pemimpin harus bisa
menerapkan standar dan jadi contoh bagi anak buahnya. Jadilah inspirasi bagi
bawahan. Update benak anda dengan info terkini, tidak pelit membagi pengalaman
dan patuhi peraturan yang anda buat sendiri.
Ø Tumbuhkan
motivasi
Berikan penghargaan terhadap
prestasi sekecil apapun yang dilakukan anak buah anda. Bahkan karyawan yang
paling telat sekalipun akan berusaha memperbaiki diri apabila anda memujinya
ketika ia datang tepat waktu.
Ø Hubungan
baik
Jalin hubungan personal dan
interpersonal yang harmonis dengan anak buah.
Ø Turun
lapangan
Seorang pemimpin akan dihargai anak
buahnya apabila ia bersedia turun ke lapanagan tak asal main perintah.
4.Analisis Komponen Kepemimpinan
1.
Unsur-unsur
Kepemimpinan
Proses kepemimpinan dapat berjalan jika memenuhi unsur-unsur
sbb.:
·
Ada yang memimpin.
·
Ada yang dipimpin.
·
Ada kegiatan pencapaian tujuan.
·
Ada tujuan / target sasaran.
2.
Aspek
personalitas dalam kepemimpinan pendidikan
·
Memiliki kemampuan yang lebih tinggi
daripada orang-orang yang dipimpinnya dalam bidang pendidikan (Elsbree, 1967).
·
Memiliki keinginan yang
terus-menerus untuk belajar menyesuaikan kemampuan dengan perkembangan dan
tujuan organisasi yang dipimpinnya.
3.
Kemampuan
Personality Kepemimpinan Pendidikan
Beberapa sifat yang dapat mendukung keberhasilan KS dalam
menggalang hubungan dengan orang-orang yang dipimpinnya: Bersahabat, Responsif Antusias,
Berani/bebas dari rasa takut dan bimbang,Murah hati, Percaya diri, Spontan, Menerima.
4.
Sifat
Kepribadian Pemimpin yang Efektif
Memiliki visi kedepan yang jelas, Konseptualis, Memanfaatkan
pengalaman yang lalu, Kesadaran akan segala kemungkinan yang akan terjadi (antisipatif),
Mengutamakan kebenaran informasi, Arsitek
sosial, Mengenal dengan baik dirinya sendiri.
5.
Hakekat
Kepemimpinan Pendidikan
·
Kepemimpinan pendidikan pada
hakekatnya merupakan produk situasional. Kepemimpinan praktik kepemimpinan di
sekolah banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor situasi.
·
Kepemimpinan yang berhasil adala
kepemimpinan yang dapat memnuhi kebutuhan situasi dan dapat memilih /
menerapkan teknik atau gaya kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan situasi
tersebut.
6.
Berbagai
faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepemimpinan antara lain:
·
Karakteristik orang yang dipimpin.
·
Pekerjaan lingkungan sekolah.
·
Kultur atau budaya setempat.
·
Kepribadian kelompok.
·
Waktu yang dimiliki oleh sekolah
7.
Tingkat
perkembangan guru yang mempengaruhi keberhasilan keepemimpinan di sekolah.
·
P4 = tingkat perkembangan guru
tinggi. Mereka memiliki kemampuan dan kemauan melaksanakn tugasnya.
·
P3 = tingkat perkembangan guru pada
taraf sedang ke tinggi. Ditandai dengan adanya kemampuan tetapi tidak mau atau
kurang yakin dengan apa yang dikerjakannya.
·
P2 = tingkat perkembangan pada taraf
rendah ke-sedang. Ditandai dengan tidak adanya kemampuan tetapi ada kemauan
untuk bekerja
·
P1 = tingkat perkembangan rendah.
Tidak adanya kemampuan dan tidak ada kemauan untuk melaksanakan tugas dan
selalu merasa kurang yakin dengan apa yang dikerjakannya.
8.
Gaya-gaya
Kepemimpinan
a.
instruktif (untuk P1).
Perilaku pemimpin ada pada kadar direktif yang tinggi tetapi
suporting yang rendah. Ia lebih banyak memberikan arahan dan pengawasan yang
ketat kepada bawahan.
b.
Konsultasi (untuk P2).
Pemimpin memberikan arahan tinggi 9intensif0 dan memberi
suporting yang tinggi pula untuk mendukung kemauan yang dimiliki orang-orang
yang dipimpinnya.
c.
Partisipasi (untuk P3).
Pemimpin berusaha mendorong orang-orang yang dipimpinnya
untuk menggunakan kemampuan yang dimiliki secara optimal. Seiring dengan
meningkatnya kemampuan orang yang dipimpin, pemimpin lebih banyak bertukar
pikiran/pandangan dan memberi kesempatan kepada bawahan untuk mengambil
keputusan.
DAFTAR PUSTAKA
Usman, Husaini. 2006. Manajemen: Teori Praktek dan Riset Pendidikan.
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rubbins, Stephen P. 1994. Teori Desain dan Aplikasi. Jakarta:
Arean.
Pidarta, Made. Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina
Aksara.
Pokja Tenaga Pengawas. 2006. Manajemen Pengembangan Tenaga Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal
Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan
Nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar